Pilkades Serentak Tahap II Digelar 23 Agustus

Ondong – Perhelatan pemilihan kepala desa (Pilkades) serentak tahap kedua Kabupaten Sitaro, diagendakan 23 Agustus 2017. Pilkades ini dipastikan akan diikuti oleh 14 kampung dari 83 kampung yang ada.

Kepala Bidang Pemberdayaan Masyatakat Desa Dinas Sosial, Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Sitaro Marlon Dalentang, mengungkapkan, saat ini pemerintah daerah sementara menyiapkan tahapan pelaksanaan Pilkades tahap II.

“Sebelumnya diagendakan ada 16 kampung yang ikut Pilkades, namun Kampung Buha dan Kampung Tulusan tidak ikut.

Alasannya, Kampung Tulusan calonnya hanya satu orang sedangkan calon minimal dua orang. Adapun Kampung Buha, sejauh ini hasil Pilkades tahap I, masih berproses,” jelas dia. 

Marlon menuturkan, sejauh ini ada beberapa kampung yang kapitalau (kepala desa) telah habis masa jabatan.

“Untuk mengisi kevakuman ini, jabatan kapitalau dipegang penjabat kapitalau. Sebab, Pilkades tahap II ini diikuti oleh para kapitalau yang masa jabatannya habis tahun 2016-2017.

Sehingga batasan waktu bagi penjabat kapitalau, hingga terpilihnya kapitalau baru,” ucapnya lagi.

Marlon menyebutkan, pelaksanaan Pilkades tahap II ini perintah daerah telah menggelontorkan anggaran sekira Rp320.000.000 yang bersumber dari APBD 2017.

“Masing-masing kampung dialokasikan anggaran sekira Rp20 juta,” pungkasnya.

Sebelumnya, Bupati Sitaro Toni Supit, mengungkapkan, sebelumnya pelaksanaan Pilkades tahap II direncanakan pada bulan November 2017. Namun, dipercepat pelaksanaannya pada bulan Agustus.

“Sebab pada bulan November sudah memasuki tahapan Pilkada Sitaro 2018 yaitu tahapan verifikasi calon perseorangan.

Untuk itu, kita laksanakan Pilkades di bulan Agustus agar tidak mengganggu tahapan Pilkada,” tandas bupati, di Ondong belum lama ini.(jackmar tamahari)

Leave a Reply