Pimpin Rapat EPPA, Mewoh ‘Warning’ Kepala SKPD

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, Kamis (19/04) pagi, menggelar rapat Evaluasi dan Pengawasan Penyedapan Anggaran pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) tahun 2018, yang dipimpin langsung Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati, Tondano.

Dalam rapat ini, Pj Bupati Mewoh memberikan ‘warning’ kepada para Kepala Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD), yang belum mencapai target dalam penyerapan atau realisasi anggaran.

“Setiap SKPD harus capai target dalam realisasi anggaran, karena ini menunjukkan kinerja dari SKPD itu sendiri,” kata Mewoh.

Mewoh dalam sambutannya saat membuka rapat ini mengatakan, para Kepala SKPD harus memgerti bersama soal pelaksanaan Pemerintahan Daerah dengan paradigma baru berdasarkan Undang-undang nomor 23 tahun 2014, khususnya pengelolaan keuangan daerah, dimana hal itu dilakukan secara efektif, efisien, transparan, akuntabel, tertib, adil, patut dan taat pada peraturan perundang-undangan.

“Hal ini bertujuan untuk menyeragamkan persepsi serta meningkatkan efisien dan efektifnya pengelolaan anggaran khususnya dilembaga pemerintahan baik pusat dan daerah. Rapat pimpinan EPPA ini memiliki peran strategis dalam pencapaian kinerja masing-masing perangkat daerah, terutama dalam upaya pencapaian realisasi keuangan maupun fisik,” tukasnya.

“Berdasarkan data pada tim EPPA Pemkab Minahasa, masih banyak organisasi perangkat daerah yang tidak melaporkan realisasi penyerapan keuangan maupun fisik sesuai jadwal yang telah dijadwalkan. Untuk itu, saya meminta perhatian dan kerjasama kepada pimpinan SKPD bahwa dalam mengelola keuangan serta tertib administrasi pelaporan realisasi keuangan dan fisik, hendaknya disesuaikan dengan sistem monitoring EPPA,” tandasnya.

Di akhir sambutannya, Mewoh berharap semoga kegiatan ini dapat menghasilkan sesuatu yang bermanfaat bagi kemajuan bersama, menuju Minahasa yang sejahtera dan bermartabat.

Rapat ini turut dihadiri Dihadiri Sekretaris Daerah Minahsa Jeffry Robby Korengkeng SH MSi, Asisten I Bidang Administrasi Umum Hetty Rumagit SH, Inspektur Minahasa Frits Muntu SSos, Kepala Bagian Administrasi Pembanguan Setdakab Minahasa Philip Siwi SE, jajaran Kepala SKPD Pemkab Minahasa dan peserta rapat lainnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply