Pimpin Ziarah Hari Pahlawan di TMP Kairagi, Gubernur Olly : Mari Bangun Indonesia Lewat Sulut

Manado – Gubernur Sulawesi Utara, Olly Dondokambey SE memimpin upacara ziarah nasional dalam rangka Hari Pahlawan 10 November 2019, bertempat di Taman Makam Pahlawan Kairagi Manado, Minggu (10/11/2019).

Kegiatan ziarah ditandai dengan pelaksanaan mengheningkan cipta kepada arwah para pahlawan, peletakan karangan bunga serta tabur bunga di Pusara Para Pahlawan.

Usai kegiatan Ziarah Nasional tersebut, Gubernur Olly mengatakan, seluruh masyarakat harus menghormati jasa para pahlawan telah berjuang dan berkorban untuk kemerdekaan bangsa ini.

Olly juga bersyukur karena pemerintah pusat telah menetapkan Alexander Andries Maramis, anggota Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI) asal Sulut, sebagai Pahlawan Nasional tahun 2019.

“Kita tentu bersyukur karena putra-putra Sulut banyak yang menjadi pahlawan dan kita juga bersyukur kemarin baru diserahkan salah satu putra Sulut yaitu AA Maramis mendapatkan gelar pahlawan nasional dan tentunya ini akan membangkitkan semangat bagi generasi muda kita kedepan. Mari sama-sama kita bangun Indonesia lewat Sulawesi Utara,” kata Olly.

Upacara ziarah turut dihadiri jajaran Forkopimda, Ketua DPRD Sulut Andrei Angouw dan para pejabat di lingkup Pemprov Sulut.

Di hari pahlawan, Olly berharap, seluruh masyarakat Sulut untuk tingkatkan kesadaran mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat, karena menurutnya, jangan membiarkan keutuhan NKRI yang sudah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia.

“Jangan pasarah membiarkan tangan-tangan jahil atau pihak yang tidak bertanggungjawab merusak persatuan dan kesatuan bangsa. Jangan membiarkan negeri kita terkoyak, tercerai berai, terprovokasi untuk saling menghasut dan berkonflik satu sama lain,” ujarnya.

Lanjutnya, setiap Hari Pahlawan seluruh masyarakat Indonesia diingatkan kembali kepada peristiwa Pertempuran 10 November 1945 di Surabaya, dimana sebagai salah satu momen paling bersejarah dalam merebut kemerdekaan Indonesia, ketika pertempuran tersebut rakyat bersatu padu, berjuang, pantang menyerah tetap nekad melawan penjajah yang ingin menancapkan kembali kekuasaannya di Indonesia.

“Peristiwa perang mengingatkan kepada kita bahwa kemerdekaan yang kita rasakan saat ini tidaklah datang begitu saja, namum memerlukan perjuangan dan pengorbanan yang luar biasa dari para pendahulu negeri.

“Semangat yang ditunjukkan para pahlawan dan pejuang tersebut hendaknya perlu terus ditumbuh-kembangkan di dalam hati sanubari segenap insan Warga Negara Indonesia,” lanjutnya.

Bagi Olly, Peringatan Hari Pahlawan diharapkan masyarakat Sulut sejatinya lebih menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan, sebagaimana ungkapan salah seorang The Founding Fathers kita Bung Karno yang menyatakan bahwa hanya bangsa yang menghargai jasa para pahlawannya dapat menjadi bangsa yang besar. (Advetorial)

Leave a Reply