Pj Bupati Mewoh Pantau Pelaksanaan UNBK Tingkat SMA/SMK di Minahasa

Minahasa – Penjabat Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA, memantau dari dekat pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) tingkat Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Minahasa. Pemantauan ini dilakukan di SMK Negeri 1 Tondano, Desa Kembuan Kecamatan Tondano Utara, Senin (02/04) pagi.

Tiba di SMK Negeri 1 Tondano, Pj Bupati Mewoh langsung meninjau ke ruangan ujian untuk mengecek kesiapan ruangan dan peralatan yang akan digunakan para siswa/ siswi. Usai itu, Pj Bupati Mewoh kemudian melakukan Video Confrence dengan Gubernur Sulawesi Utara (Sulut) Olly Dondokambey SE, dimana Gubernur OD ingin mengecek kesiapan pelaksanaan UNBK sekaligus membuka secara resmi kegiatan ini di Kabupaten/ Kota se-Sulut.

Pj Bupati Mewoh, kepada wartawan usai memantau pelaksanaan UNBK ini mengatakan bahwa, pihak Pemerintah harus bekerja sama dengan Badan Usaha Milik Negara seperti Telkom dan Telkomsel, agar signalnya bisa lebih baik.

“UNBK ini bergantung pada signal yang baik saat online. Saat ini masih banyak kendala dalam pelaksanaan UNBK, termasuk karena persoalan jaringan atau signal ini,” kata Mewoh sembari berharap kedepan akan lebih baik.

Sementara, UNBK atau CBT ini dilakukan dengan penggunaan sistem semi-online, yakni soal dikirim dari server pusat secara online melalui jaringan (sinkronisasi, red) ke server lokal (sekolah, red), kemudian ujian siswa dilayani oleh server lokal secara offline dan hasil ujian dikirim kembali dari server lokal ke server pusat secara online.

Hadir turut mendampingi Pj Bupati Mewoh, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Minahasa Dr Arody A Tangkere MAP, Kepala UPT SMA/SMK Minahasa Linda Mamesah SPd, Kasat Pol PP Minahasa Meidy Rengkuan SH MAP, Kabag Humas dan Protokol Drs Moudy L Pangerapan MAP, Camat Tondano Utara Jhony Tendean AP MAP, Hukum Tua Kembuan Olke Walalangi dan Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Tondano Vecky Pangkerego MPd. (fernando lumanauw)

Leave a Reply