PN Manado Siap Bersaing Di Peradilan Internasional

Foto bersama didepan tulisan IFCE, para Hakim, Panitera, dan ASN di PN Manado. (foto : ist)

Manado,cybersulutnews – Atmosfir pembenahan yang dibangun Pengadilan Negeri (PN) Manado, terus mengalami peningkatkan. Sistem penanganan perkara, sampai kepada dibentuknya Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP), jadi bukti keseriusan membangun kualitas hukum yang mempuni.

Gerak cepat yang dibangun oleh Ketua PN Edward Simarmata, mampu membuat taraf PN Manado siap bersaing bersama PN kelas Internasional.

Komitmen tersebut terpampang di lobi utama gedung pengadilan, dengan dipasang tulisan International Framework For Court Excellence (I.F.C.E).

Hakim Juru Bicara (Jubir) Vincentius Banar saat diwawancarai awak media menjelaskan, kalimat itu adalah panduan kerangka kerja untuk peradilan unggul, sebagai standar pelayanan peradilan elite di seluruh dunia.

Ia pun mengakui hal tersebut, disusun oleh Ketua PN Manado, yang diketahui
sangat menguasai hal tersebut.

“Saat ini, Pengadilan Negeri seluruh Indonesia diwajibkan menerapkan, dan Manado akan menjadi salah satunya,”jelas Banar, Jumat (19/01).

“Kenapa kami yakin bisa? Karena Ketua PN Manado, adalah pelopor, dan justru orang yang memperkenalkan sistem ini di pengadilan Indonesia”, tambahnya.

Lebih lanjut dijelaskannya, Simarmata telah membawa beberapa PN di Indonesia diakui sampai ditingkat internasional.

“Oleh Direktur Jenderal Badan Peradilan Umum Mahkamah Agung, beliau ditunjuk secara resmi sebagai konsultan bagi PN seluruh Indonesia,” jelas sahabat wartawan Jurnalis Meja Hijau ini.

Ia pun meminta doa dan dukungan dari masyarakat kota Sulawesi Utara, untuk kemajuan PN Manado kedepan.

“Doa seluruh masyarakat kota Manado sangat kami harapkan, semoga upaya PN Manado berhasil. Untuk membawa harum nama Sulawesi Utara,” tandas Hakim sarat prestasi ini. (Marend)

Leave a Reply