PN Manado Sukses Terapkan Program E-Court Mahkamah Agung

MANADO,cybersulutnews – Pengadilan Negeri (PN) Manado berhasil merigistrasi satu perkara dalam program E-Court Mahkamah Agung RI. Atas hal itu, PN Manado berjalan satu langkah dari pengadilan lain di Sulawesi Utara (Sulut) yang belum menerapkan sistem MA tersebut.
Terkait hal ini, Wakil Ketua PN Manado ketika ditemui awak media, Kamis (6/12/2018) kemarin, menegaskan bahwa dirinya sangat senang E-court yang diterapkan di PN Manado mulai membuahkan hasil.

“Kita senang sekali bahwa akhirnya dengan segala sosialisasi, dengan segala upaya yang kita lakukan. Memberikan penjelasan kepada para Advokat, pada hari ini (kemarin-red) PN Manado berhasil menerapkan 1 perkara yang didaftarkan secara E-Court,” ungkap Liliek.

Lebih lanjut, dirinya menambahkan bahwa dengan terdaftarnya satu perkara ini secara E-Court adalah sebuah prestasi di PN Manado. Ke depan, dirinya berharap program aplikasi E-Court dapat membantu para Advokat dalam mencari keadilan.

“Kita harapkan ke depan 2019, semua perkara yang masuk yang dilakukan Penasehat Hukum/Advokat harus melalui E-Court,” pungkasnya.

Sementara itu, Juru Bicara Hakim PN Manado, Vincentius Banar ketika ditemui awak media, turut menambahkan bahwa program E-Court ini selain mempermudah para Advokat dalam mengajukan pendaftaran gugatan perkara perdata, juga sebagai upaya dari Mahkamah Agung untuk mencegah terjadinya Pungli dalam pendaftaran perkara.
Pasalnya, proses pendaftaran gugatan perkara melalui E-Court, pembayarannya juga dilakukan dengan via transfer. Sehingga, tidak ada celah untuk terjadi Pungli.

Untuk penerapan E-Court di PN Manado, Banar menuturkan ada 3 pihak yang sudah coba melakukan pendaftaran, tapi hanya satu yang berhasil terverifikasi.

“Satu perkara yang berhasil terverifikasi atas nama Advokat Aflian Boham. Dengan nomor perkara 474/Pdt G/2018/PN Mnd,” terang Banar.

Selain itu, Banar menambahkan bahwa keberhasilan PN Manado dalam menerapkan sistem E-Court juga tak lepas dari peran Sekretaris Nikson Ladjoma, Panitera Refly Batubuaja dan yang terpenting adalah Kepala Sub Bagian Perencanaan, Teknologi dan Pelaporan, Eva M Fridona. (Marend)

Leave a Reply