Polres Minahasa Gelar Upacara Peringatan HUT Bhayangkara ke-72

Minahasa – Dalam rangka memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Bhayangkara ke-72 di Kabupaten Minahasa, yang jatuh pada tanggal 1 Juli 2018 lalu, Polres Minahasa, Rabu (11/07) pagi, menggelar upacara bertempat di halaman Mapolres Minahasa.

Upacara yang dipimpin langsung Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK sebagai Inspektur Upacara ini, dihadiri tamu undangan diantaranya, Ketua DPRD Minahasa James Rawung SH, Kepala Pengadilan Negeri Tondano Julien Mamahit SH MH, mewakili Bupati Minahasa Drs Royke Herkules Mewoh DEA yakni Asisten II Bidang Ekonomi dan Pembangunan Setdakab Minahasa Dr Wilford Siagian, mewakili Kepala Kejaksaan Negeri Tondano, Pembantu Rektor IIi Universitas Negeri Manado Sesca Kairupan, sejumlah Pejabat Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, para Perwira Polres Minahasa, serta tamu undangan lainnya.

Kapolres Christ Pusung, saat membacakan amanat tertulis Presiden Repoblik Indonesia Ir Joko Widodo, diantaranya mengatakan, sepanjang 72 tahun sejarah pengabdian Polri pada Bangsa dan Negara, Polri telah banyak berperan memberikan sumbangsih yang sangat besar dalam upaya memelihara keamanan dan ketertiban masyarakat, penegakan hukum, serta perlindungan, pengayoman dan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita semua juga telah banyak menyaksikan berbagai prestasi yang telah diukir Polri, dalam mengemban tugas sebagai pemeliharaan keamanan dalam Negeri. Keberhasilan Polri dalam penanaganan terorisme, pemberantasan penyalahgunaan narkoba dan pengungkapan kasus, serta mengamankan berbagai agenda baik bersifat nasional maupun international,” kata Pusing mengutip sambutan Presiden tersebut.

Peringatan HUT Bhayangkara ke-72 ini pun diharapkan bukan sekedar menjadi perayaan, tetapi dapat menjadi momentum untuk refleksi diri guna meningkatkan optimalisasi pelaksanaan tugas dan fungsi Polri, khususnya dalam rangka meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Dengan refleksi dini, Polri bisa melihat lagi bukan hanya keberhasilan yang telah dicapai, namun juga menyadari kelemahan dan kekurangan selama ini. Terima kasih kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah hukum Polres Minahasa yang selama ini telah mendukung kinerja Polres Minahasa untuk menciptakan Kamtibmas di Minahasa,” pungkasnya.

Usai upacara, acara kemudian dilanjutkan dengan acara syukuran bertempat di aula Tansatrisna Polres Minahasa, yang diakhiri dengan pemberian penghargaan kepada mereka yang layak menerima dan pemberian penghargaan pada sejumlah pemenang lomba, serta diakhiri dengan ramah tama.(fernando lumanauw)

Leave a Reply