Polres Minahasa Laksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018

Minahasa – Guna menciptakan Pemilu 2019 yang aman, pancar dan damai, Polres Minahasa, Rabu (19/09) pagi, sekitar pukul 08.00 Wita, melakukan Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata 2018, yang diberi tema “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Mantap Brata Samrat 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi Terkait Dalam Rangka Mewujudkan Kamandagri yang Kondusif”, bertempat di halaman Mapolres Minahasa.

Apel ini dipimpin langsung Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK, dan dihadiri Kepala Kejaksaan Negeri Minahasa Rahmat Budiman SH MKn, Ketua DPRD Kabupaten Minahasa James Rawung SH, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala SH MSi, Ketua KPU Minahasa Lord Arthur Malonda SPd beserta para Komisioner, Ketua Panwaslu Minahasa Rendy Umboh beserta Komisioner, Kasdim 1302 Minahasa Mayor Inf Maudin Purba, Kepala Badan Kesbangpol Kabupaten Minahasa Drs Jorry J Gumansing, Sekretaris Dinas Damkar Minahasa Dr Indra Purukan MT, serta para Perwira di Polres Minahasa.

Kapolres Minahasa saat membacakan amanat Kepala Kepolisian Repoblik Indonesia Jenderal Polisi Tito Karnavian mengatakan, operasi ini diselenggarakan dengan mengedepankan kegiatan preemtif dan preventif, yang didukung kegiatan intelijen, penegakan hukum, kuratif, dan rehabilitasi melalui penggelaran fungsi-fungsi Kepolisian dalam bentuk Satuan Tugas Tingkat Pusat, Tingkat Daerah dan Tingkat Polres.

“Polri berkomitmen untuk terus bekerja keras guna menjamin penyelenggaraan Pemilu tahun 2019 agar dapat berjalan dengan aman, lancar, dan damai. Berbagai potensi kerawanan telah dipetakan untuk dilakukan upaya penanganan secara profesional dan berkelanjutan. Keberhasilan Polri, TNI, dan seluruh elemen dalam pengamanan Pemilu tahun 2014, serta Pilkada serentak tahun 2015, 2017 dan 2018, menjadi salah satu referensi penting dalam pengamanan Pemilu tahun 2019,” kata Pusung saat membacakan sambutan Kapolri.

Kapolri juga menekankan agar memperkuat soliditas dan sinergitas TNI Polri guna mewujudkan Pemilu yang aman, lancar, dan damai. Menjaga netralitas, kedepankan langkah proaktif dengan mengoptimalkan deteksi dini, dorong seluruh elemen KPU, Bawaslu, Caleg, Parpol dan massa pendukungnya, Pemda, media, tokoh masyarakat, serta pengawas Pemilu independen untuk melaksanakan tugas dan tanggung jawab yang diemban sesuai dengan peraturan yang berlaku.

“Gelorakan deklarasi Pemilu damai dengan mengikutsertakan elemen-elemen yang terlibat dalam penyelenggaraan Pemilu, susun rencana pengamanan secara detail dan laksanakan latihan pada setiap tahapan pengamanan, termasuk dalam menghadapi situasi kontinjensi. Lakukan penegakan hukum secara profesional dan proporsional, baik terhadap dugaan tindak pidana Pemilu yang diselenggarakan melalui Sentra Gakkumdu, maupun potensi pelanggaran hukum lainnya, guna menjamin stabilitas kamtibmas yang kondusif,” pungkasnya.

Apel Gelar Pasukan ini juga menghadirkan 1 Peleton Perwira Polres Minahasa, 1 Peleton Khodim 1302 Minahasa, 1 Peleton Sat Sabhara Polres Minahasa, 1 Peleton Sat Lantas Polres Minahasa, 1 Peleton Staf Polres Minahasa, 2 Peleton gabungan Polsek jajaran Polres Minahasa, 1 Peleton Sat Intelkam Polres Minahasa, 1 Peleton gabungan,Sat Reskrim, Sat Res Narkoba Polres Minahasa, 1 Peleton Dishub Kabupaten Minahasa, 1 Peleton Sat Pol-PP Kabupaten Minahasa dan 1 Peleton Dinas Damkar Kabupaten Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply