Polres Minahasa Tingkatkan Kesadaran Berlalu Lintas Masyarakat Melalui Pembinaan Safety Riding di Tempat-tempat Ibadah

Minahasa – Kesadaran masyarakat dalam mematuhi peraturan lalu lintas ketika berkendara, khususnya di wilayah hukum Polres Minahasa, dinilai masih jauh di bawah rata-rata.

Hal ini dibuktikan dengan masih banyaknya pengendara kendaraan bermotor di jalan, baik roda dua maupun toda empat, yang tidak mentaati aturan saat berkendara, seperti tidak mengenakan helm serta kelengkapan berkendara lainnya sebagaimana yang sudah diatur, juga tidak menggunakan sabuk pengaman.

Ini juga dibuktikan dengan masih banyaknya pengendara yang kena tilang karena ketidaktaatan dalam mematuhi aturan berlalu lintas ini.

Untuk itu, salah satu upaya Polres Minahasa melalui Satuan Lalu Lintas (Satlantas), memberikan pemahaman kepada masyarakat tentang pentingnya kesadaran dalam mematuhi aturan berlalu lintas saat berkendara, yakni dengan menyambangi rumah-rumah ibafah untuk menyampaikan sosialisasi atau arahan.

Hal ini diungkap Kapolres Minahasa AKBH Denny I Situmorang SIK, kepada Cybersulutnews.co.id, Rabu (09/10) siang, diruang kerjanya. Menurutnya, tindakan pencegahan adalah hal yang lebih baik ketika melakukan penindakan setelah sudah terjadi pelanggaran.

Untuk itu dikatakannya, Polres Minahasa akan tingkatkan kesadaran berlalu lintas bagi masyarakat melalui pembinaan Safety Riding di tempat-tempat ibadah.

“Kami mengamati selama ini bahwa, masih banyak masyarakat, khususnya pengendara kendaraan bermotor, yang masih suka seenaknya di jalan, dengan tidak memperhatikan aturan berlalu lintas,” kata Situmorang, didampingi Kepala Satlantas AKP Andrew Kilapong SE ME.

“Masih banyak yang suka langgar aturan, tidak menggunakan helm saat bersepeda motor, tidak lengkap surat menyurat, dan menggunakan kendaraan bermotor yang sudah tidak layak atau juga sudah tidak standart sebagaimana seharusnya. Salah satu cara mencegah adalah memberikan pemahaman, salah satu wadahnya nanti yakni kita akan sambangi rumah-rumah ibadah saat jam ibadah, untuk melakukan sosialisasi,” kata Situmorang lagi.

Dirinya lalu menghimbau masyarakat, khususnya yang kerap berkendara, agar memiliki kesadaran dan kepatuhan dalam mentaati peraturan berlalu lintas, agar terhindar dari kecelakaan. “Itu semua tujuannya agar kita terhindar dari kecelakaan, yang bisa merugikan diri sendiri, atau bahkan orang lain,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply