Porong Terpidana Korupsi APBD Minsel, Tumbuan Bakal Diseret ?

Manado – Setelah menjatuhi hukuman terhadap mantan Wakil Ketua DPRD Minahasa Selatan (Minsel), Rolly Porong, karena terkait kasus korupsi APBD Minsel 2004-2007, yang merugikan negara hingga Rp8.740.000.000, dengan hukuman 2, 6 tahun, kini babak baru menanti para legislator dan eksekutif yang juga terlibat melakukan tindakan korupsi.

Karena selain hukuman badan, Rolly juga dibebani denda Rp50 juta, subsider 3 bulan, dan harus mengganti kerugian negara sebanyak Rp573 juta.

Rolly pun merasa keberatan atas vonis mengganti uang tersebut. Sebab menurutnya, bukan hanya dirinya yang terlibat dalam kasus ini, melainkan seluruh anggota dewan juga, karena mereka juga menikmati uang tersebut.

“Saya minta keadilan, semuanya harus diproses hukum,”katanya setelah vonis dijatuhkan.

Jaksa Penuntut Umum (JPU) yang juga merupakan Kasipenkum, Arif SH mengatakan, kasus ini memang masih berjalan, dan akan terus diproses bilamana akan ada bukti-bukti yang menyeret tersangka lain.

“Kami akan mengumpulkan bukti-bukti dulu. Bila memang data-data lengkap tidak menutup kemungkinan akan ada tersangka baru,”katanya.

Disinggung soal ketua dewan saat itu, Jenny Tumbuan yang merupakan ibu dari Bupati Minsel, Tetty Paruntu, apakah juga akan diseret, Arif mengungkapkan akan melihat bukti apakah dirinya juga terlibat.

“Sampai saat ini kan semua telah diproses di Pengadilan Negeri. Jadi ditunggu saja,”ungkapnya.

Sementara itu, Majelis Hakim, Verra Linda Lihawa SH saat dimintai keterangan mengatakan, Pengadilan menunggu action dari Jaksa, jika akan ada tersangka baru, disini tinggal mengadili.

“Saya hanya menerima berkas dari Kejaksaan, dan disini tempat mengadili. Namun jika ada yang mengganjal, kami akan menyuruh jaksa untuk memproses kelanjutannya. Dan dalam kasus ini menurut saya belum berakhir, akan ada kelanjutannya,”pungkasnya.(Ai)

Leave a Reply