Punya Bupati Baru, Kondisi Pasar Tondano Malah Semraut

Minahasa – Pasar Tondano yang belum lama selesai dibangun dengan biaya APBN, mencapai Rp 10 Miliar, dinilai masih perlu ditata kembali. Pasalnya, kondisi pasar kini tampak semerawut pasca ditempati. Padahal, Minahasa sendiri saat ini sudah mempunyai Bupati dan Wakil Bupati baru, yakni Jantje W Sajow (JWS) dan Ivan Sarundajang (Ivansa) yang ditunggu kinerjanya terutama bisa ‘menyulap’ Kabupaten Minahasa kearah lebih baik lagi. 

“Pasar Tondano yang baru ini tak jauh berbeda dari pasar sebelumnya, semerawut dan hampir tak bisa ditata, apalagi dibagian luar pasar. Padahal, pemerintah sebelumnya mensosialisasikan bahwa pasar ini semi modern dengan penataan yang sangat baik,” keluh Neni, pembeli yang saat itu sementara berbelanja.

Terkait hal ini, Kepala Pasar Tondano, Jefry Angkouw, ketika dihubungi CSN, Senin (20/05) mengatakan, pihaknya memang akan melakukan penataan kembali, khususnya di bagian luar bangunan pasar baru.

“Akan dilakukan penataan kembali, khususnya di luar. Dalam hal ini kami memang tidak hanya melihat kenyamanan pedagang tapi juga pengunjung, dengan memberi rasa kepuasan, enak dan nyaman agar pengunjung mau datang ke pasar Tondano yang imbasnya akan menguntungkan juga buat pedagang,” tandasnya.

Menurutnya, penataan nanti berupa penertiban posisi pedagang, yang kini tampak menutup akses jalan lingkar pasar.

“Jalan lingkar pasar saat ini memang terhalang dengan lapak pedagang, sehingga sirkulasi di pasar tidak berjalan normal. Ada pedagang dibagian belakang seperti merugi karena jarang dikunjungi pembeli karena akses jalan yang terhalang, baik bagi pejalan kaki maupun kendaraan bermotor,” terang Angkouw.

Selain penataan jalan lingkar pasar, penataan bak jualan di bagian dalam pasar juga akan ditata lagi, agar memberi ruang gerak cukup kepada pembeli.

“Akan diberi pembatas jalan berupa garis merah karena ada barang jualan pedagang yang menghalangi jalan. Yang melanggar akan ditindak tegas,” ujarnya sembari menghimbau para pedagang agar dapat bekerja sama dengan pengelola pasar.

“Kami juga menghibau kepada seluruh pedagang agar bisa bekerja sama dalam penataan maupun kebersihan pasar, untuk kepentingan bersama,” ujarnya.

Leave a Reply