Rawung: AKD DPRD Minahasa Sudah Sesuai Aturan

Minahasa – Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Minahasa, James Rawung SH menyatakan, pemilihan dan penetapan Alat Kelengkapan Dewan (AKD) di DPRD Minahasa, sudah sesuai aturan dan mekanise.

“Pemilihan AKD telah sesuai dengan amanat Undang-Undang MD3 tentang pemilihan pimpinan dan AKD DPR, DPRD, MPR dan DPD,” tandas Rawung.

Menurutnya, bila ada penolakan dari fraksi-fraksi lain, itu merupakan hak konstitusi masing-masing.

“Bila ada yang menolak dan tak mengusulkan nama-nama untuk masuk dalam AKD, itu adalah hak konstitusi masing-masing fraksi. Yang pasti penetapan AKD sudah sesuai aturan yakni 50 persen tambah satu fraksi yang ada di DPRD atau melalui suara terbanyak,” ujarnya.

Diketahui, Wakil Ketua Fraksi Partai Golkar (PG) DPRD Minahasa, Oklen Waleleng, sebelumnya mewakili fraksi mengatakan, penetapan AKD DPRD Minahasa telah melanggar Permendagri nomor 1 tahun 2014 tentang Produk Hukum Daerah.

“Fraksi PG menyatakan menolak dan akan menyurat ke Pemprov Sulut, melalui biro hukum, meminta pemilihan dan penetapan AKD ini ditinjau kembali,” ujar Waleleng.(fernando lumanauw)

Leave a Reply