Recky Posumah Tersangka Korupsi Mami Bolmut Resmi Ditahan, Polda Sulut Bidik Bupati dan Mantan Bupati

PASRAH : Recky Posumah, tersangka korupsi Mami fiktif Bolmut ketika digelandang ke Rutan Mapolda Sulut.

PASRAH : Recky Posumah, tersangka korupsi Mami fiktif Bolmut ketika digelandang ke Rutan Mapolda Sulut.

Manado – Sekretaris Daerah Kabupaten Bolaang Mongondow Utara (Sekda Bolmut), Recky Posumah, tersangka kasus dugaan korupsi makan minum (Mami) fiktif di Setda Bolmut, Selasa (15/12/2015) sore, sekitar pukul 15.00 Wita, resmi ditahan Penyidik Tipikor Polda Sulut.

Signal untuk penambahan tersangka lain dalam perkara mega korupsi yang telah menyedot anggaran Rp 2.7 miliar itu pun langsung diberikan penyidik besutan Brigjen Pol Wilmar Marpaung begitu Recky Posumah dijebloskan ke sel tahanan.

Mantan Bupati, Hamdan Datunsolang serta Bupati, Depri Pontoh menjadi target selanjutnya. Pasalnya, dalam kasus mega korupsi fiktif yang telah menyedot anggaran yang cukup fantastis itu, Depri Pontoh adalah Wakil Bupati. Sedang, Hamdan Datunsolang adalah Bupatinya.

“Kita masih selidiki itu. Yang pasti sepanjang ada aliran dana yang mengalir kepada dua oknum itu akan kita tahan,” kata sumber resmi kepada Cybersulutnews.co.id.

Dikawal penyidik Tipikor Polda Sulut, Recky Posumah menuju ke Rutan Mapolda Sulut.

Dikawal penyidik Tipikor Polda Sulut, Recky Posumah menuju ke Rutan Mapolda Sulut.

Dijelaskan sumber itu juga, untuk menyeret penguasa dan mantan penguasa Bolmut yang masih menghirup udara bebas itu, tergantung dari keterangan yang nantinya akan disampaikan tersangka Iyam dan Recky. “Tergantung mereka. Penguasa Anggarannya kan adalah tersangka Recky. Ngomong dong. Karena Bupati dan wakilnya kan hanya menerima uangnya saja,” beber sumber resmi itu lagi.

Dari pantauan Cybersulutnews.co.id, sebelum ditahan, Recky Posumah yang mengenakan kemeja putih sempat mendekam diruang Tipikor Polda Sulut selama satu jam lebih dengan ditemani pengacaranya.

Sebelum menjalani pemeriksaan tambahan, tersangka yang ditunda penahanannya lantaran mendadak sakit itu dijemput dua penyidik di RS Bhayangkara. Selanjutnya digelandang ke Mapolda Sulut.

Recky Posumah saat hendak memasuki sel tahanan.

Recky Posumah saat hendak memasuki sel tahanan.

“Jalani proses hukum saja,” kata tersangka singkat sembari terus berjalan menuju sel tahanan Mapolda Sulut.

Dalam kasus mega korupsi yang telah menyerap Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun anggaran 2012 di Kabupaten Bolaang Mongondow Utara, penyidik Tipikor Polda Sulut telah lebih dulu menetapkan mantan Bendahara Pengeluaran Pemkab Bolmut berinisial I alias Iyam sebagai tersangka. Tersangka Iyam sendiri kini telah mendekam di hotel prodeo Mapolda Sulut.(jenglen manolong)

Leave a Reply