Rencana Bangun Terminal Tipe A, Dishubkominfo Minahasa Anggarkan Rp 4 M Pembebasan Lahan

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa melui Dinas Perhubungan Komunikasi dan Informatika (Dishubkominfo) Kabupaten Minahasa, saat ini sementara melakukan upaya pembebasan lahan untuk rencana pembangunan Terminal tipe A, di wilayah berbatasan Kelurahan Sumalangka Kecamatan Tondano Utara dan Kelurahan Wewelen Kecamatan Tondano Barat.

Demikian dikatakan Kepala Dishubkominfo Minahasa, Royke Kaloh SH melalui Sekretarisnya, Denny Tualangi SE, ketika dihubungi Cybersulutnews.co.id, Selasa (20/01).

Menurutnya, untuk pembebasan lahan seluas hampir 5 hektar dari 5 pemilik lahan berbeda tersebut, Pemkab Minahasa melalui Dishubkominfo Minahasa telah menganggarkan dana pada APBD Minahasa tahun 2015 mencapai sekitar Rp 4 miliar.

Bahkan, untuk memuluskan upaya pembebasan lahan yang direncanakan segera dilakukan Maret mendatang tersebut, menurut Tualangi, Dishubkominfo Minahasa telah membentuk Panitia Penilai Harga Tanah (PPTK), yang terdiri dari unsur Badan Pertanahan Nasional, Dinas Keuangan, Dinas Pekerjaan Umum, Badan Lingkungan Hidup, Dinas Pertanian dan Badan Perencanaan Penelitian Pembangunan Daerah Kabupaten Minahasa.

“Anggaran ini sudah pernah dianggarkan tahun lalu tapi karena belum dapat direalisasikan maka anggaran tersebut digeser untuk tahun ini. PPTK nantinya akan berupaya pembebasan lahan segera tuntas dan memiliki sertifikat tunggal sebagai salah satu syarat pengusulan anggaran di pemerintah pusat,” terang Tualangi.

Sementara, untuk upaya pembangunan Terminal dengan Tipe A, pihaknya telah bekerjasama dengan konsultan FS asal Jogja, untuk melihat kelayakan dan penataan lokasi pembangunan, kemudian Tatanan Transportasi Lokal Darat (Tatralok) asal Bandung, untuk membuat kajian dan sampel mengenai jumlah keluar masuk kendaraan dan administrasi transportasi darat di Kabupaten Minahasa.

“Hasil kajian FS dan Tatralok ini nantinya menjadi bahan usulan ke pemerintah pusat di Direktorat Perhubungan Darat, mengenai kelayakan pembangunan terminal tipe A. Bila pembebasan lahan usai Maret mendatang amak akan segera diusulakn, bisa saja pada APBN Perubahan 2015 sudah dianggarkan,” ujarnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply