by

Ribuan Karyawan Industri Perikanan di Bitung Jadi Pengangguran

Bitung- Akibat kebijakan Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti yang melarang kapal-kapal asing beroperasi di Indonesia, berdampak pada nasib ribuann karyawan perusahaan perikanan di Bitung, yang kini jadi pengangguran.

Informasi yang berhasil dihimpun Cybersulutnews.co.id, saat ini ada sekitar 10 ribu karyawan di puluhan perusahaan perikanan termasuk perusahaan kapal-kapal perikanan terpaksa harus diliburkan dan jadi pengangguran, karena perusahaan tidak beroperasi.

“Kami sebenarnya bukan PHK, tapi ini status karyawan kami, dirumahkan sementara. Nanti jika perusahaan sudah berjalan normal lagi, kapal-kapal kami sudah kembali berlayar, maka semua karyawan akan kami panggil untuk bekerja kembali,” kata Lina Utiarahman, pemilik sekaligus direktur PT Virgo Internusa, perusahaan yang bergerak dibidang penangkapan ikan, baru-baru ini.

Sementara itu, Walikota Bitung, Hanny Sondakh mengatakan, semua kebijakan pemerintah tidak ada yang salah. Hanya saja memang masyarakat butuh penyesuaian dengan aturan-aturan yang baru.

“Saya tahu semua industri perikanan saat ini sementara menjerit. Tapi kita tidak bisa buat apa-apa karena ini kebijakan pemerintah pusat,” ujar Sondakh. (Hezky)

Comment

Leave a Reply

News Feed