Roling Jabatan, Bupati JWS Lantik Pejabat Eselon II, III dan IV di Lingkup Pemkab Minahasa

Minahasa – Sejumlah pejabat eselon II, III dan IV di lingkup Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa yang diroling, dilantik dan diambil sumpah atau janji untuk menduduki jabatan baru, Jumat (11/08) siang, bertempat di ruang sidang Kantor Bupati, Tondano.

Pengangkatan, Pemindahan dan Pemberhentian Aparatur sipil Negara (ASN) Pegawai Negeri Sipil (PNS) Jabatan Tinggi Pratama Administrator dan pengawas di lingkungan Pemkab Minahasa tahun 2017, sekaligus melantik dan nengambil sumpah janji ini dilakukan langsung Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, usai dibacakan Surat Keputusan Bupati oleh Kepala Badan Kepegawaian dan Diklat Daerah Kabupaten Minahasa Drs Melky Luvy Rumate MSi

Bupati JWS dalam sambutannya usai melantik dan mengambil sumpah janji mengatakan, hari ini menjadi hari penting untuk roling jabatan, karna karena KPU Minahasa telah menetapkan bahwa ini hari terakhir roling jabatan.

“Saya percaya kita memiliki komitmen dan kesungguhan hati dalam menjalankan tugas dan taggung jawab sebagai pejabat negara. Yang perlu disadari bahwa, setiap PNS harus siap ditempatkan dimana saja. Dalam menentukan posisi jabatan ini, saya tidak melihat siapa orangnya tapi dari loyalitas dan kualitas kerjanya,” tukas JWS.

“Saya mengenal dan tau betul kinerja bawahan saya. Kami mengambil keputusan dalam menenukan posisi jabatan anda tidak dalam satu malam saja melainkan suda dikaji selama berbulan-bulan, dalam menentukan posisi yang cocok. Namun saya sadari, itu pun pasti tidak memuaskan bagi kalian semua, tapi saya tidak bisa melihat hati, itu sebabnya mungkin bisa salah menempatkan jabatan,” ujarnya.

Bupati JWS kemudian berpesan kepada pejabat yang baru dilantik ini agar Kljerja saja dengan baik dimana ditempatkan, jangan bersungut-sungut dalam menjalankan tugas. Menurutnya, dimana saja ditempatkan kiranya bisa berprestasi.

“Masih ada waktu bagi kita di kepemerintahan saya bersama Wakil Bupati Ivan Sarundajang untuk menuntaskan semua tugas. Lakukanlah yang terbaik untuk mengabdi kepada masyarakat. Jangan sampai tensi politik mempengaruhi anda, karena selama ini saya tidak pernah melibatkan anda dalam Politik,” kata JWS.

“Jangan politisir roling jabatan ini karena politik, melainkan roling jabatan ini dilakukan untuk memaksimalkan kinerja dilingkup Pemkab Minahasa. Jadi kerja saja sesuai tupoksi masing masing dan jangan mengambil alih atau melakukan hal-hal yang bukan menjadi tupoksi saudara,” pesan JWS lagi.

Selanjutnya, JWS mengapresiasi kinerja pejabat Pemkab Minahasa selama ini. Sebab, penilaian kerja terbaik dari Pemprov Sulawesi Utara (Sulut) menunjukkan bahwa Pemkab Minahasa berada di tingkat teratas di Sulut. Hal ini menurutnya, menandakan bahwa ASN di Minahasa sudah melakukan yang terbaik selama ini

“Mari kita pertahankan hal itu untuk kepentingan rakyat. Terus benahi karakter karena itu yang perlu dilakukan sekarang, karena soal kinerja dan SDM kita sudah buktikan baik, tapi soal karakter ASN masih banyak yang perlu dibenahi. Disiplinlah dalam kerja, kepala SKPD harus mendisiplinkan stafnya. Terkait kepemimpinan kami, kalau masih dikehendaki rakyat untuk melanjutkan maka kami siap melanjutkan, tapi kalau sudah tidak diinginkan tentu tidak mungkin lagi melanjutkan,” pungkas JWS sembari mengucapkan selamat bagi yang baru dilantik dan selamat menjalankan tugas.

Sementara, mereka yang dilantik diantaranya, untuk eselon II, Kepala Dinas Pendidikan Drs Arody A Tangkere MAP, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Agustivo Tumundo SE MSi dan Kepala Dinas Damkar Alexander Mamesah SSTP MSi. Selanjutnya untuk eselon III di Setdakab Minahasa yakni Kepala Bagian Pemberdayaan Masyarakat dan Trantibum Linmas Engelbert Raintung SH, Kepala Bagian Tata Usaha Pimpinan Drs Dolfie Kuron MBA, Kepala Bagian Administrasi Pembangunan Fhilip Siwi SE, Kepala Bagian Infrastruktur Ricky Laloan SH. Selebihnya, yang dilantik lainnya terdiri dari Sekretaris Dinas, delapab Camat yang mengalami perubahan, Kepala UPT, Kepala Bidang dan Kepala Sekolah, serta Kepala Sub Bagian.

Acara pelantikan dan pengambilan sumpah janji ini sendiri turut disaksikan Wakil Bupati Minahasa Ivan SJ Sarundajang, Inspektur Minahasa Frits Muntu SSos dan para Asisten Setdakab Minahasa serta jajaran pejabat eselon II, Ketua Tim Penggerak PKK Minahasa Dr Olga Sajow Singkoh MHum dan jajaran pengurus TP-PKK Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply