ROR-RD Berikan Kepada Kumtua dan Perangkat Desa Saat Hadiri Musrenbang di Kakas Raya

Minahasa – Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey, SSi (ROR-RD), memantau langsung pelaksanaan musyawarah perencanaan pembangunan (Musrenbang) tingkat Kecamatan di Kecamatan Kakas dan Kakas Barat, Rabu (13/02).

Kunjungandi dua wilayah ini dibagi rata keduanya. Bupati di Kecamatan Kakas, dan Wabup di Kakas Barat. Dihadapan para Hukum Tua (Kumtua) dan Perangkat Desa se-Kecamatan Kakas, Bupati ROR menekankan pentingnya peran aktif untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat.

“Kita dipilih oleh rakyat. Maka dari itu, mengabdilah dengan baik kepada rakyat dan lakukanlah apa yang menjadi keinginan rakyat sesuai dengan kebutuhan di masing-masing wilayah,” ujar Bupati ROR.

Bupati juga menyinggung soal pengelolaan Dana Desa, dimana dirinya meminta agar dana tersebut harus dimanfaatkan dengan baik bagi kesejahteraan masyarakat. “Semua pekerjaan fisik maupun non fisik harus berjalan dengan baik dan dapat dipertanggungjawabkan. Sebab, pemanfaataan Dana Desa ini selalu dimonitor dan diawasi Pemerintah Pusat,” kata Bupati sembari meminta masyarakat untuk menopang semua program kerja yang dilakukan ROR-RD.

Sementara, Wabup RD yang hadir di Kakas Barat, kepada yang hadir mengatakan bahwa, kegiatan ini sangat penting sebab menjadi tolak ukur peningkatan kesejahtreraan masyarakat di Desa. “Apa yang menjadi keinginan rakyat harus lakukan, selama itu tidak bertentangan dengan aturan yang ada,” kata RD.

Lanjut RD mengatakan, dalam rangka mewujudkan masyarakat yang sejahtera, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa terus melakukan berbagai program pro rakyat. Sebab menurutnya, arah pembangunan nahwa cita menuju pada kesejahteraan masyarakat.

“Pembangunan infrastruktur terus dipacu, sebab itu menjadi salah satu cara mendongkrak perekonomian masyarakat. Jadi saat kita membangun sesuatu, implikasinya harus dilakukan,” tandasnya sembari menambahkab bahwa hasil ini akan dijadikan bahan masukan dalam penyusunan rancangan renja di Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD).

“Untuk itu saya mengajak kita selaku pemangku kepentingan dan masyarakat agar saling bermusyawarah untuk menentukan program kegiatan prioritas, dalam rangka penyelenggaraan pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan, dalam hal ini di Kakas Barat,” ujarnya.

Menurutnya, Musrenbang ini juga menjadi sarana penjabaran visi dan misi Pemkab Minahasa dalam mewujudkan Minahasa yang maju dalam ekonomi dan budaya, berdaulat, adil, dan sejahtera disesuaikan dengan kebutuhan dan prioritas.

“Sekali lagi saya ingatkan, kita harus kerja untuk kepentingan rakyat. Saya dan pak Bupati juga terus berupaya agar 12 kegiatan unggulan yang kami janjikan dalam nawacita RR-RD akan terlaksana demi Minahasa yang semakin hebat,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply