ROR-RD Dampingi Gubernur Serahkan Sertifikat Redistribusi Tanah dan Bansos di Tombariri Raya

Minahasa – Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, bersama Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, mendampingi Gubernur Sulawesi Utara Olly Dondokambey SE, menyerahkan Sertifikat Redistribusi Tanah dan Bantuan Sosial, kepada masyarakat di wilayah Kecamatan Tombariri dan Tomabariri Timur, yang dipusatkan di Desa Poopo Kecamatan Tombariri, Jumat (19/06) pagi.

Gubernur OD mengatakan, Sertifikat Redistribusi Tanah ini merupakan pemberian tanah negara yang sudah disertifikatkan untuk masyarakat. Menurutnya, ini adalah program Pemerintah Pusat, yang dimana di seluruh Indonesia baru di Sulawesi Utara yang direalisasikan.

“Penyerahan perdana ini, untuk di Sulut sendiri, baru dilakukan untuk empat Kabupaten/ Kota yakni Minahasa Tenggara, Minahasa, Minahasa Utara dan Bitung. Semua tanah-tanah negara yang sudah tidak dikelola kembali oleh pemegang HGU nya, Pemerintah Provinsi mempunyai kebijakan memberikan kepada instansi atau masyarakat yang membutuhkan karena ini modal bagi kita semua,” kata Gubernur.

Lanjut kata dia, ini adalah tugas Pemerintah, hadir di tengah-tengah masyarakat untuk memberi kepedulian dan perhatian bagi masyarakat, apalagi saat ini berada di tengah-tengah pandemi COVID-19.

“Pergunakan lahan yang ada untuk menanam dan menghasilkan, untuk menopang perekonomian, dan jangan dijual. Saya mengajak mari kita dukung program yang ada saat ini agar Sulawesi Utara bisa berjalan dengan baik,” pungkasnya.

Sementara, Bupati ROR atas nama Pemerintah dan masyarakat Minahasa khususnya di Desa Poopoh, Kumu dan Teling, mengucapkan terima kasih kepada Pemerintah Provinsi yang telah mengunjungi Minahasa dan sudah berbagi kepada 1.000 warga masyarakat dengan program pemberian redistribusi sertifikat kepada warga Tombariri san Timbariri Timur.

“Sesuai data, di Kecamatan Tombariri yakni Desa Teling ada 124 sertifikat dan Desa Kumu ada 80 sertifikat. Selanjutnya, di Tombariri Timur yakni Desa Ranotongkor ada 391 sertifikat dan Desa Ranotongkor Timur 405 sertifikat. Minahasa mendapatkan program ini karena di nilai layak oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara untuk menjadi Lokasi Reforma Agraria,” kata Bupati ROR.

“Terima kasih juga karena Pemprov Sulut telag memberikan bantuan sosial berupa bahan pokok kepada 939 Kepala Keluarga, yakni di Desa Poopoh sebanyak 272, Teling 277, Kumu 267, dan Desa Pinasungkulan 123. Terima Kasih juga kepada Tribun Manado yang telah memberikan bantuan 200 paket sembako bagi masyarakat Minahasa. Kami tetap mengingatkan semua masyarakat Minahasa untuk tetap mematuhi protokol kesehatan, pakai masker, jaga jarak, rajin cuci tangan dan makan makanan sehat,” pungkasnya.

Sementara, kegiatan yang dilaksanakan sesuai protokol kesehatan penanganan COVID-19 ini, juga dihadiri Sekretaris Daerah Provinsi Sulut Edwin Silangen dan Forum Komunikasi Pimpinan Daerah Sulut, didalamnya masing masing Danlantamal, Danrem, Danlanudsri, Ketua DPRD Provinsi dan beberapa anggota Dewan Provinsi. Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Kepala Kantor Pertanahan Minahasa Drs Alexander Wowiling dan jajaran pejabat Pemkab Minahasa.(fernando lumanauw)

Leave a Reply