ROR-RD Fokus Tingkatkan Kontribusi Pertanian, Perikanan dan Pariwisata

Minahasa – Pada tahun 2022 mendatang, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa dibawah kepemimpinan Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, memfokuskan pemantapan ekonomi masyarakat melalui peningkatan kontribusi sektor pertanian, perikanan dan pariwisata.

Hal ini tertuang dalam Musyawarah Rencana Pembangunan Daerah (Musrenbang), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Minahasa Tahun 2022, yang dilaksanakan di MOY Convention Center Tondano, Rabu (31/03) pagi.

Kegiatan yang dibuka dan dipimpin langsung Bupati ROR ini mengambil tema “Pemantapan Ekonomi Masyarakat Melalui Peningkatan Kontribusi Sektor Pertanian, Perikanan dan Pariwisata Untuk Mendukung Pemerataan Pembangunan Wilayah”.

Kepala Badan Penelitian dan Pengembangan Pembangunan Daerah (Bappelitbangda) Kabupaten Minahasa Fhilip G Siwi SE, melalui Kepala Bidang Fisik dan Prasarana Drs Lexi Korengkeng MT, dalam laporannya mengatakan bahwa, kegiatan Musrenbang RKPD Minahasa tahun 2022 ini mengacu pada rancangan strategis Nasional, Provinsi Sulawesi Utara dan RKPD Pemkab Minahasa.

Sementara, Bupati ROR dalam sambutan saat membuka kegiatan ini mengatakan, sejalan dengan amanat Undang-undang 23 tahun 2014, bahwa Pemerintah Daerah sesuai dengan kewenangannya, menyusun RKPD sebagai suatu kesatuan dalam sistem perencanaan Pembangunan Nasional, dengan menggunakan pendekatan teknokratik partisipatif, dengan melibatkan berbagai pemangku kepentingan, pendekatan politis, serta atas bawah, bawah atas, melalui penyelarasan usulan program kegiatan antar tingkat pemerintahan.

“RKPD juga adalah penjabaran dari Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah atau RPJMD, yang memuat rancangan kerangka ekonomi daerah, prioritas pembangunan daerah, serta rencana kerja dan pendanaan untuk jangka waktu satu tahun,” ujarnya.

ROR menyebut, Musrenbang ini dilaksanakan sebagai salah satu tahapan guna penyusunan RKPD Minahasa 2022 yang merupakan tahun keempat pelaksanaan RPJMD Minahasa, dimasa kepemimpinannya selang periode 2018-2023.

“Penyusunan ini berjalan bersamaan dengan penyusunan perubahan RPJMD Minahasa sesuai Perda nomor 1 tahun 2019. Oleh karena itu, Musrenbang ini menjadi momentum penting dan strategis bagi pembangunan Minahasa untuk tahun 2022, karena ini juga akan menjadi acuan penyusunan APBD Minahasa 2022,” sebut ROR.

Dirinya berharap, penyusunan RKPD tahun 2022 ini dapat dilakukan dengan penguatan pelaksanaan kebijakan money follow program priority. Jadi anggaran  mengikuti program prioritas, sehingga kebijakan penganggaran yang dilakukan berbasis pada program prioritas Kabupaten, yang mengacu para perioritas Provinsi dan Nasional.

“Hal ini sebagaimana proses penjaringan usulan program, kegiatan dan sub kegiatan tahun 2022, yang telah dilakukan beberapa tahun sebelumnya melalui SIPD yang menjamin adanya keterkaitan dan konsistensi antara perencanaan, penganggaran, pelaksanaan, pengendalian dan evaluasi,” ujarnya.

Untuk itu, Bupati ROR meminta kepada seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Minahasa menjalankan program kegiatan dan sub kegiatan mengacu pada Peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 90 tahun 2019.

“Melalui Musrenbang ini, kami juga membutuhkan aspirasi dari para pemangku kepentingan, sebagai variabel dalam penetapan program prioritas pembangunan, untuk dituangkan dalam RKPD Minahasa 2022 ini, demi terwujudnya Minahasa Maju Dalam Ekonomi dan Budaya, Berdaulat Adil dan Sejahtera,” harap ROR.

Turut hadir dalam kegiatan ini, Sekretaris Bappeda Sulut Edwin Aldrin Anis SP MT, mewakili Direktur Perencanaan Evaluasi dan Informasi Pembangunan Daerah Kemendagri, Meiliawanti Ramdhani,
Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey SSi MM, Forkopimda Minahasa, para Asisten Sekdakab Minahasa, para Anggota DPRD Minahasa, serta seluruh jajaran Kepala OPD Pemkab Minahasa, unsur pemerintah daerah lainnya, unsur akademisi, tokoh masyarakat, unsur LSM atau Ormas, unsur pengusaha atau investor, dan undangan lainnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply