Roskanedy Harap Jaksa Tingkatkan Kemampuan Penanganan Perkara Tindak Pidana Pemilu di Sulut

Manado, cybersulutnews – Kejaksaan Tinggi (Kejati) Sulawesi Utara (Sulut) terus berbenah. Hal itu terlihat dari sejumlah upaya peningkatan kinerja yang digencarkan korps baju coklat besutan M Roskanedi.

Teranyar, Kejati Sulut kembali menggelar Focus Group Discussion (FGD) di Hotel Swiss Bell Manado, Senin (17/12) kemarin.

Kepala Seksi Penerangan Hukum (Kasipenkum) Kejati Sulut, Yoni Malaka mengatakan, FGD ini dalam rangka peningkatan kapasitas jaksa dalam penanganan perkara tindak pidana pemilu di wilayah Kejati Sulut.

“Kegiatan FGD ini dibuka langsung oleh Kajat Sulut, M Roskanedi didampingi Wakajati Sulut, Andi M. iabal Arief yang ditandai dengan pemukulan gong oleh Kajati Sulut,” ujar Malaka.

Dijelaskan Malaka, Kajati mengungkapkan, pihaknya siap menyambut pesta demokrasi yang semakin dekat.

“Kita harus siap menyambut Pemilu sebagai perwujudan pelaksanaan  Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Tentang Pemilihan Umum dengan segala permasalahan yang menyertainya,” ungkapnya.

Menurutnya, Kejaksaan sebagai aparat penegak hukum yang dalam penanganan Perkara Tindak Pidana Pemilu tergabung dalam Sentra GAKKUMDU bersama Bawaslu, KPU dan Kepolisian.

“Untuk itu kita harus sejak dini mempersiapkan diri meningkatkan pemahaman dan ketrampilan mengenai segala sesuatu yang berkaitan dengan tindak pidana pemilu, mengingat limitasi waktu yang diberikan Undang-Undang dalam menyelesaikan suatu perkara,” jelasnya.

Kecakapan dalam melakukan koordinasi dan membangun komunikasi dengan pihak Bawaslu, KPU maupun dengan Kepolisian haruslah dimiliki setiap Jaksa.

“Hal ini penting untuk menyamakan persepsi, pemahaman dan pola penanganan demi meningkatkan efektifitas penanganan penindàkan Tindak Pidàna Pemilu,” tukasnya.

“Bahwa tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan kemampuan dan kapasitas para Jaksa di wilayah Kejati Sulut dalam penanganan perkara Tindak Pidana Pemilu Tahun 2019,” tandasnya.

Dalam kegiatan yang akan  dilaksanakan mulai hari ini Senin 17 Desember 2018 s/d Selasa 18 Desember  2018  itu akan bertindak sebagai  narasumber dalam FGD  yakni Andi M. Iqbal Arief, SH, MH (Wakil Kepala Kejaksaan Tinggi Sulut),  Ketua Bawaslu Provinsi Sulut, Ketua KPU Provinsi Sulut dan Polda Sulut.

Turut hadir dalam acara pembukaan,  Asisten Tindak Pidana Umum (Aspidum) Shady M. Maje Togas, SH, MH selaku penanggung jawab penyelenggara,  para Asisten,  Kepala Kejaksaan Negeri (Kejari) sewilayah kejati , KTU serta para koordinator dan Kepala seksi pidana umum dan Intelijen se wilayah Kejaksaan Tinggi Sulawesi Utara, yang sekaligus sebagai peserta dalam kegiatan ini dengan jumlah 80 orang. (Rhendi)

Leave a Reply