Rp 18,7 M Dana PPIP Di Minahasa Mulai Disalurkan Pekan Ini

Kabid Cipta Karya Dinas PU Minahasa, Djefry H Rumokoy ST

Kabid Cipta Karya Dinas PU Minahasa, Djefry H Rumokoy ST

Tondano – Sebanyak 75 Desa tersebar di Kabupaten Minahasa, pecan ini, bakal terima kucuran dana Percepatan Pembangunan Infrastruktur Pedesaan (PPIP) dari Kementrian Pekerjaan Umum Repoblik Indonesia.

Kepala Satuan Kerja PPIP Kabupaten Minahasa, juga Kepala Bidang Cipta Karya Dinas Pekerjaan Umum (PU) Kabupaten Minahasa, Djefry H Rumokoy ST, kepada CSN, Selasa (08/10) menjelaskan, anggaran PPIP sebesar Rp 250 juta untuk tiap Desa tersebut, akan dicairkan secara bertahap.

“Ada tiga tahap pencairan, untuk tahap pertama dana sebesar 40 persen atau sebesar Rp 100 juta, pencairan tahap selanjutnya dilakukan setelah melaksanakan pekerjaan fisik minimal 30-an persen,” terang Rumokoy.

Lanjut, Rumokoy mengatakan, mekanisme pencairan dana langsung ke rekening Organisasi Masyarakat Setempat (OMS), di masing-masing Desa.

“Karena ini swadaya kelompok masyarakat maka anggaran dicairkan dulu baru proyek dikerjakan,” ujarnya pula.

Sementara, dikatakan Rumokoy, Kabupaten Minahasa merupakan daerah dengan bantuan PPIP terbanyak di Sulawesi Utara dari dana Anggaran Pendapatan Belanjan Nasional (APBN) 2013.

“Untuk awal, sudah ada 75 Desa yang akan segera menerima dana PPIP dengan total anggaran Rp 18,7 M dan akan ketambahan 40 Desa lagi pada APBN Perubahan, jadi total ada 115 Desa dengan anggaran Rp 28,7 M,” pungkasnya, sembari menambahkan, ini bentuk pemberdayaan masyarakat di Minahasa, dimana masyarakat sendiri yang menjadi pengawas langsung pada pekerjaan proyek.(fernando lumanauw)