Rumagit: Bawaslu Awasi Ketat Rekrutmen PPK di KPU Minahasa

Minahasa – Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Minahasa, melakukan pengawasan ketat terhadap rekrutmen calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Minahasa, untuk Pemilihan Gubernur dan Wakil Gubernu (Pilgub) tahun 2020.

Komisioner Bawaslu Minahasa Donny Rumagit kepada Cybersulutnews.co.id, Senin (21/01) mengatakan, pihaknya telah menginstruksikan kepada seluruh Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) agar mengawasi ketat proses rekrutmen ini.

“Kita melakukan pengawasan ketat. Sudah diintruksikan kepada seluruh jajaran Panwascam agar mengawasi proses ini, termasuk mengecek rekam jejak calon PPk dan jejak digital. Kami ingin memastikan calon PPK yang mendaftar adalah orang-orang yang benar-benar netral dan berintegritas,” tandasnya.

Menurutnya, pihaknya akan membuka posko pengaduan di tiap Kecamatan, untuk memberi akses kepada masyarakat yang ingin melapor bila ada calon PPK yang tidak netral.

“Sampai saat ini, dari antara calon PPK yang sudah mengambil formulir fan mendaftar, ada nama-nama yang sinyalir terindikasi sebagai pengurus Partai Politik. Namun ini baru indikasi dan informasi awal, makanya kita akan kroscek lagi. Kami berharap KPU Minahasa selektif dalam merekrut calon PPK,” pungkasnya.

Sementara, pengawasan Bawaslu ini tebtunya dilandasi aturan yang mengacu pada Undang undang nomor 10 tahun 2016 l, tentang Pemilihan Gubernur, Bupati dan Walikota.(fernando lumanauw)

Leave a Reply