Rumah Doa Oikumene Polres Bitung Diresmikan Kapolda Sulut

Manado,cybersulutnews – Kapolda Sulawesi Utara Irjen Pol Drs. Bambang Waskito didampingi Kapolres Bitung AKBP Philemon Ginting dan Walikota Bitung Max Lomban meresmikan Rumah Doa Oikumene ‘Filemon’, yang berlokasi di Asrama Polres, Kelurahan Pinokalan Bitung, Kamis (11/10/2018) kemarin.

Peresmian ditandai dengan pembukaan selubung papan nama rumah doa, penandatanganan prasasti oleh ketiganya dan pengguntingan pita dilanjutkan dengan ibadah bersama yang dipimpin oleh Ketua Sinode GMIM Pendeta Dr. Hein Arina, Pastur Ferry Runtu dan Gembala Sidang GPDI Chris Hukubun.

Kapolda dalam sambutannya mengatakan bahwa pembangunan fisik ini jangan menjadi yang utama, karena yang lebih penting, adalah membangun mental dan hati agar personel Polres Bitung khususnya umat Kristiani semakin menghayati apa yang diajarkan Yesus dalam kehidupan sehari-harinya baik dalam hidup bermasyarakat, berbangsa dan bernegara serta dalam hidup bergereja.

“Apalah artinya sebuah bangunan tempat ibadah yang megah tanpa diimbangi dengan “kemegahan” sikap dan perilaku serta iman pemeluknya,” ucap Kapolda dihadapan seluruh personil Polres Bitung dan Ibu Bhayangkari yang hadir.

Ia pun mengharapkan dengan kehadiran Rumah Doa Polres Bitung ini akan semakin meningkatkan semangat personel Polri untuk beribadah. “Bukan sebaliknya, setelah tempat beribadah menjadi lebih dekat, justru umat jarang datang kerumah doa,” katanya.

Menurutnya peresmian sebagai penjabaran Program Nawacita yaitu memperteguh kebhinnekaan dan memperkuat restorasi sosial Indonesia melalui kebijakan memperkuat pendidikan kebhinnekaan dan menciptakan ruang-ruang dialog antarwarga, sehingga peran dan bantuan semua umat beragama, para pemuka agama dan tokoh gereja serta tokoh masyarakat dapat memberikan kontribusi dan partisipasi aktif yang nyata dalam mengatasi berbagai krisis dan tantangan.

Juga program prioritas Kapolri yang kelima yaitu peningkatan kesejahteraan personel Polri, yang tentunya bukan hanya dilihat dari kenaikkan gaji dan tunjangan namun lebih penting adalah bagaimana meningkatan dan membangun kesejahteraan iman serta mental spiritual personel Polri itu sendiri.

“Atas nama Polda Sulut dan atas nama pribadi saya mengucapkan terima kasih kepada Kapolres Bitung dan keluarga besar Polres Bitung atas peresmian rumah doa ini, sehingga pantas untuk disyukuri oleh segenap anggota Polres Bitung, sebab proses pembangunan ini tentunya membutuhkan pengorbanan baik pikiran, waktu dan tenaga serta biaya yang tidak sedikit,” ujar Kapolda.

Sementara itu Walikota Bitung mengapresiasi terbangunnya Rumah Doa di asrama Polres ini. “Ini kegiatan yang sangat positif, kami memberi support, memberi bantuan agar terbangunnya bangunan ini. Saya berharap mudah-mudahan bangunan ini digunakan secara oikumenes untuk memuji dan membesarkan nama Tuhan sebagai bangsa yang religius,” tandas Walikota.

Kegiatan peresmian tersebut juga dihadiri Asisten 1 Pemprov Sulut Edison Humiang dan pejabat Forkopimda Bitung lainnya. (Marend)

 

Leave a Reply