Saat Rita Dondokambey Memasak dalam Lomba ‘Marandang’ di Padang

Manado – Tim Penggerak TP-PKK Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) ikut meriahkan Hari Kesatuan Gerak PKK Nasional ke-47 yang dipusatkan di Kota Padang, Provinsi Sumatera Barat.

Pada event tersebut, TP-PKK Sulut mengikuti lomba ketangkasan memasak rendang (Marandang).

Istimewanya, yang menjadi koki adalah para isteri gubernur dari seluruh provinsi di Tanah Air, tak terkecuali Ketua TP PKK Sulut Rita Maya Dondokambey-Tamuntuan.

Isteri tercinta Gubernur Olly Dondokambey ini ikut menunjukkan keterampilannya di sesi ‘Marandang’ yakni memasak rendang dalam waktu tiga jam sesuai waktu yang diberikan panitia.

Lomba Marandang yang digelar di halaman Museum Adityawarman, merupakan proses mengolah daging sapi dengan campuran santan dan bumbu sesuai takarannya selama berjam-jam hingga mencapai ‘randang’. Tahapan yang dinamai randang sendiri melewati tingkat ‘gulai’ dan ‘kalio’.

Untuk mengolah rendang daging khas atau asli Minang, ada beberapa bahan atau resep, yakni dengan bahan satu setengah kilogram daging, dua liter santan yang terbuat dari dua butir kelapa tua berikut bumbu rempah asli.

Membuat rendang daging khas Minang dibutuhkan 2 batang daun serai dan memarkan. Lengkapi dengan 4 lembar daun jeruk purut, 2 cm asam kandis atau gelugur dan 2 lembar daun kunyit yang sudah disimpulkan.

Jika bahan utama membuat rendang daging khas minang sudah siap, maka beberapa bumbu lainnya dihaluskan, seperti 5 butir kemiri, 6 siung bawang putih, 100 gr cabe merah besar, 12 butir bawang merah, 100 gr cabe merah keriting, 2 cm jahe yang dibakar, 2 cm lengkuas serta 3 cm kunyit yang dibakar. Lengkapi dengan setengah sendok makan ketumbar, 2 sdt garam, setengah sdt pala dan 1 sdt jintan yang sudah disangrai serta tambahkan penyedap rasa bila perlu.

“Jika bahan yang dibutuhkan untuk membuat rendang daging khas minang atau rendang padang sudah siap, maka langkah berikutnya adalah mengolahnya hingga matang. Pertama, potong daging dengan ukuran dadu atau sesuai selera. Tuang santan ke wajan dan masukkan ebberapa bahan seperti serai dan irisan bawang merah, asam serta daun kunyi. Aduk hingga mendidih tetapi jangan sampai santan menjadi pecah,” kata Rita.

Bumbu yang telah dihaluskan, berikut santan dan aduk kurang lebih 20 menit. Jika dirasa cukup, santan akan bermnyak dan masukkan potongan dading tunggu hingga santan menjadi kental atau hingga bumbu meresap ke pori – pori daging. Masak sampai daging terasa empuk dan matang merata. Pastikan untuk terus mengaduk agar daging tidak gosong di bagian bawahnya.

Leave a Reply