Samakan Persepsi, Karo Umum se-Indonesia Rakor di Sulut

Manado – Kepala Biro Umum Provinsi dan Kepala Bagian Umum Kabupaten/Kota se-Indonesia melaksanakan Rapat Koordinasi Nasional (Rakornas) di Sulut.

Kegiatan yang dikoordinir Kementrian Dalam Negeri (Kemendagri) ini bertujuan untuk menyamakan persepsi menyangkut tugas pokok dan fungsi (Tupoksi).

Kurang lebih 500 peserta, baik unsur Biro Umum Kementerian, para kepala biro provinsi se-Indonesia dan para Kepala Bagian Umum kabupaten/kota se- Indonesia, serta kepala perwakilan serta unsur Biro Umum lainnya menghadiri kegiatan yang dilaksanakan Selasa-Kamis (14-16/5) di SwissBell Hotel Manado.

Sekjen Kemendagri RI, Diah Anggreani, SH MM bersama Gubernur Sulawesi Utara SH Sarundajang membuka kegiatan ini.

Sekjen Kemendagri mengatakan, dalam rakor ini bisa dilihat proses birokrasi dari tingkat tertinggti hingga terendah, melakukan terobosan baru dan langkah bertahap serta sungguh-sungguh dalam membangun berbagai regulasi, kebijakan dan praktek manejemen pemerintah pusat dan daerah.

“Rakor ini juga diharapkan bisa menjadi forum yang efektif untuk menghasilkan solusi kongkrit atas berbagai persoalan yang dihadapi Biro Umum selama ini,” ujarnya.

Sekjen berharap rakor ini menghasilkan terosan-terosan baru dalam meningkatkan kinerja demi terwujudnya pelayanan prima dan menjujung nilai-nilai kepentingan masyarakat, integritas, responsilibilitas, akuntabilitas serta profesionalisme sesuai cita-cita reformasi.

Gubernur Sulut DR SH Sarundajang mengharapkan rakor yang dilaksanakan di Manado ini dapat menghasilkan mutu pelayanan kepada masyarakat yang labih baik, lebih proaktif dan efektif dalam menghadapi perubahan lingkungan yang strategis untuk pemerintah pusat dan daerah. “Kiranya rakor ini dapat menghasilkan kontribusi yang signifikan dalam implementasi program dan kebijakan pembangunan pusat dan daerah,” kata Sarundajang.

Leave a Reply