by

Sekolah di Mitra Kecipratan 17 Miliyar

Mitra- Sekolah-sekolah di Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) kecipratan Dana Alokasi Khusus (DAK) sebanyak Rp17 miliyar. Menurut Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Mitra Janni Rolos, dana tersebut akan disalurkan September ini.

“Sekarang tinggal diproses administrasinya, dan sekira akhir bulan September ini DAK pendidikan untuk Kabupaten Minahasa Tenggara segera disalurkan ke sekolah-sekolah,” beber Janni.

Ditambahkannya, DAK tersebut nantinya dikhususkan untuk peningkatan mutu alat peraga, pembangunan ruang kelas baru, perpustakan, dan laboratorium.

“Nantinya pengelolaan DAK ini diperuntukan bagi pembangunan RKB, perpustakaan, dan laboratorium melalui swakelolah, sedangkan untuk alat peraga melalui tender,” terangnya.

Dirinya menuturkan para penerima DAK ini akan diterima semua jenjang pendidikan. Mulai dari Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menengah Atas (SMA) atau Sekolah Menengah Kejuruan (SMK).

“Semua jenjang pendidikan yang ada di Mitra akan menerima dana ini, sesuai dengan usulan proposal yang sudah diverifikasi,” katanya lagi.

Janni melanjutkan, untuk petunjuk teknis pengelolaannya, sudah diterima pihaknya dan langsung disampaikan ke sekolah penerima DAK.

“Tinggal nantinya pihak sekolah menandantangi Memorandum of Understanding (MoU) sebagai pengelola atau penerima DAK,” ujarnya.

Untuk pengawas, kata Janni, pihaknya akan secara rutin melakukan pengawasan ke sekolah penerima.

“Intinya kami mintakan dalam pelaksanaannya harus sesuai petunjuk teknis, serta selalu berkoordinasi dengan panitia atau komite sekolah,” tandas Janni.(Alfian Jay)

Comment

Leave a Reply

News Feed