Seluruh Perangkat Desa di Langowan Raya Dapat Pelatihan Peningkatan Kapasitas

Minahasa – Setelah sebelumnya melalakukan kegiatan pelatihan Peningkatan Kapasitas Perangkat Desa di Kecamatan Tompaso dan Kakas Raya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, melalui Pemerintah Kecamatan setempat kembali melakukan kegiatan serupa, kali ini di Kecamatan Langowan Raya, Rabu (11/07) pagi.

Kegiatan ini dibagi dua lokasi, masing-masing di Balai Desa Wolaang Kecamatan Langowan Timur untuk seluruh Perangkat Desa di Kecamatan Langowan Timur dan Selatan, serta di Balai Desa Karumenga Kecamatan Langowan Utara, untuk seluruh Perangkat Desa di Kecamatan Langowan Utara dan Barat.

Pelatihan ini menghadirkan Narasumber Kapolres Minahasa AKBP Christ R Pusung SIK, Kepala Inspektorat Minahasa Frits Muntu SSos, Kepala Dinas Pemerdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Minahasa Djefry Sumendap Sajow SH, serta mewakili Kejaksaan Negeri Tondano. Masing-masing Narasumber ini memaparkan materi sesuai dengan latar belakangnya, agar Perangkat Desa benar-benar diperlengkapi dengan pemahaman yang benar soal tata cara pengelolaan Pemerintahan dan Keuangan di Desa.

Beberapa Narasumber, diantaranya Kapolres Minahasa Christ Pusung dalam materi pelatihannya menyampaikan tentang dasar hukum pengelolaan keuangan Desa diantaranya, Undang-undang Desa nomor 6 tahun 2014 dan Peraturan Pemerintah nomor 60 tahun 2014, tentang Desa, tujuannya agar terhindar dari pelanggaran hukum.

“Saya hanya mengingatkan kepada para Perangkat Desa, kerja sesuai kebutuhan agar kita semua aman dan pembangunan berjalan baik. Sebab, sedangkan sudah melakukan yang benar saja masih diperiksa, apalagi melakukan yang tidak benar,” kata Pusung.

Sementara, Inspektur Minahasa Frits Muntu juga mengingatkan kepada Perangkat Desa, khususnya Bendahara, agar mengelola keuangan Desa, seperti Anggaran Dana Desa dan Dana Desa, dengan baik.

“Sekarang era transparansi keuangan. Semua diperiksa lewat pertanggung jawaban, jangan sampai melakukan penyimpangan agar terhindar dari masalah hukum. Sebab, kalau kita tersangkut kasus hukum karena melakukan korupsi, kita sendiri yang akan susah dan keluarga kita juga,” pungkasnya.

Dalam acara ini, masing-masing Camat di empat Kecamatan di Langowan Raya ini juga turut hadir seperti, Camat Langowan Timur Sesca Maseo, Camat Langowan Selatan Dolfie Tumengkeng, Camat Langowan Utara Teddy Sumual dan Camat Langowan Barat Ir Lendy Aruperes.(fernando lumanauw)

Leave a Reply