Sempat Buron 3 Tahun, Pencabul Anak Tiri Ini Akhirnya Diringkus Tim Resmob Polres Minahasa

Minahasa – Pelarian YD alias Yanto (35), terduga pelaku cabul terhadap dua anak dibawah umur, tak lain anak tirinya sendiri, akhirnya berakhir di tangan Tim Resmob Satuan Reserse Kriminal Polres Minahasa.

Yanto sempat buron selama 3 tahun, sejak diduga melakukan perbuatannya medio 2018 silam. Dia ditangkap Tim Resmob pimpinan Aiptu Ronny Wentuk, di Kelurahan Inobonto, Kecamatan Bolaang, Kabupaten Bolaang Mongondow, Selasa (16/02).

Penangkapan bermula ketika Tim Resmob Polres Minahasa mendapat informasi bahwa terduka pelaku berada di Bolmong, tepatya di Kelurahan Inobonto, bekerja di salah satu toko bangunan di daerah tersebut.

Atas informasi ini, Tim Resmob langsung melakukan koordinasi dan bergerak mengintai toko tempat Yanto bekerja. Sejurus dengan itu, tim langsung melakukan penangkapan terhadap tersangka.

Dihadapan Polisi, Tersangka mengaku telah melakukan perbuatan keji kepada dua anak gadis berusia 9 tahun dan 14 Tahun, yang tidak lain adalah anak tirinya, di salah satu rumah kos di Tondano, Kabupaten Minahasa.

Kapolres Minahasa, AKBP Henzly Moningkey SIK MSi, melalui Kasubbag Humas, AKP Ferdy Pelengkahu SH membenarkan penangkapan pelaku cabul atas nama Yanto tersebut.

“Saat ditangkap, pelaku berusaha melawan petugas, diberi peringatan tidak mengindahkan, sehingga akhirnya dilakukan tindakan terukur dengan melumpuhkan pelaku dengan timah panas di kaki. Saat ini tersangka berada di Mako Polres Minahasa dan pasal yang disangkakan kepadanya terdapat pada pasal 81 dan 82 KUHP Nomor 35 Tahun 2014 tentang perlindungan Anak,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply