Sempat Tertunda, Pelantikan Kumtua Terpilih di Minahasa Dipastikan Mulai Bergulir Pekan Depan

Minahasa – Setelah sempat tertunda dari jadwal sebelumnya 3 Mei 2017, Pemerintah Kabupaten Minahasa akan segera melakukan pelantikan Hukum Tua (Kumtua) terpilih hasil pemilihan 25 April lalu, yang dipastikan akan dimulai Senin 8 Mei pekan depan.

Demikian dikatakan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa DR Denny Mangala SH MSi, selaku Ketua Panitia Pemilihan Kumtua (Pilhut) Tingkat Kabupaten, kepada Cybersulutnews.co.id, Kamis (04/05).

Menurutnya, pelantikan Kumtua terpilih ini akan dilakukan langsung oleh Bupati Minahasa Drs Jantje Wowiling Sajow MSi, di masing-masing Desa bersangkutan.

“Pelantikan Kumtua terpilih oleh Bupati ini akan dimulai Senin depan. Sesuai jadwal, pelantikan hari pertama dilakukan di enam Desa yang dimulai di Desa Tonsea Lama Kecamatan Tondano Utara, selanjutnya Desa Kembes Satu, Suluan, Tombuluan dan Kamangta Kecamatan Tombulu, serta Desa Kali Kecamatan Pineleng,” terang Mangala, didampingi Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Minahasa yang juga Sekretaris Panitia Pemilihan Hukum Tua (Pilhut) Kabupaten Jefry Sumendap Sajow SH.

Lanjut dikatakan Mangala, pelantikan Kumtua terpilih ini harus segera dilakukan, agar roda pemerintahan dan pembangunan di Desa terus berjalan dibawah kendali hukum Kumtua definitif.

Sementara, dari 50 Desa yang dijadwalkan menggelar Pilhut gelombang kedua tahun 2017, hanya 49 Desa yang bisa melaksanakan, dikarenakan satu Desa yakni Raringis Kecamatan Langowan Selatan batal karena tak lebih dari satu calon yang mendaftar.

Pelaksanaan Pilhut di 49 Desa pada prinsipnya telah berjalan dengan baik dan sukses, meski ada dua Desa yang tahapan pelantikan Kumtua terpilihnya dipending dikarenakan ada laporan pelanggaran.

“47 Desa yang tidak ada masalah sudah dijadwalkan pelantikan Kumtua terpilihnya, sedangkan dua Desa yang saat ini masih sementara ada masalah, belum akan dilantik hingga proses kasus yang membelit dua Desa ini selesai,” pungkas Mangala.(fernando lumanauw)

Leave a Reply