Senator Stefanus BAN Liow Akrab Dengan Wartawan Minahasa Bahas Pembangunan Sulut

Minahasa – Bahas sejumlah sektor pembangunan di Sulawesi Utara (Sulut), Anggota Dewan Perwakilan Daerah Repoblik Indonesia (DPD-RI) perwakilan Sulawesi Utara (Sulut) Ir Stefanus BAN Liow MAP, akrab dalam perbincangan dengan sejumlah Wartawan, khususnya yang ada di biro Minahasa, Sabtu (28/12) malam, bertempat di Rumah Kopi Tua Tondano.

Liow terlebih dahulu menjelaskan sebagaimana yang menjadi tugas DPD perwakilan Sulut bagi daerahnya. Menurutnya, pihaknya sebagai sebagai jembatan aspitasi daerah, juga kelompok masyarakat, termasuk didalamnya Wartawan, menerima masukan serta usulan, dan dapat memperjuangkan hal tersebut di Pemerintah Pusat, melalui Kementrian terkait.

“Kita menyerap aspirasi daerah untuk kemajuan pembangunan di Sulut. Wartawan memiliki peran sangat vital dalam penyebaran informasi, tentu banyak tau tentang perkembangan daerah dan dapat memberikan sumbangsih pemikiran untuk pembangunan di Sulut, secara khusus juga di Minahasa,” ujar Senator asal Tomohon, yang kala itu didampingi isteri tercinta Ir Miky Wenur MAP.

“Saya minta dukungan kepada para Jurnalis untuk tidak segan-segan atau tidak bosan-bosan menginformasikan kepada kami apa yang dapat diperjuangkan, sesuai dengan fungsi dan kewenangan DPD RI, sebagai representasi daerah,” ujarnya.

Dalam dialog ini juga, Mantan Ketua Pria Kaum Bapak Sinode GMIM, yang saat ini duduk di Komite II DPD RI tersebut, juga membicarakan terkait penanggulangan bencana alam yang terjadi di Sulut. Menurutnya, bencana alam datang tanpa diketahui, makanya sejak dini harus persiapkan sarana prasarana dan sumber daya manusia (SDM) nya.

Kata dia, Pemerintah Provinsi Sulut melalui Gubernur Olly Dondokambey SE, telah menyampaikan terkait sarana prasarana penanggulangan bencana yang perlu dipersiapkan, yang nantinya akan menjadi aspirasi yang akan disampaikan ke pusat.

“Sesuai fungsi dan tugas saya sebagai anggota DPD RI perwakilan Sulut, tentunya akan memberikan dukungan kepada pemerintah untuk memajukan Sulut dari semua sektor. Dimana hal-hal yang kami peroleh di daerah ini, akan diperjuangkan di pusat. Karena ini menjadi tekad dan komitmen bersama antara Pemerintah Daerah, DPR Sulut, DPD RI dan DPR RI perwakilan Sulut, untuk membangun sinergitas demi kemajuan Sulut,” tuturnya.

Kedepan, dirinya mengatakan, pihaknya juga akan menggandeng Persatuan Wartawan Indoensia (PWI) Kabupaten Minahasa, bekerja sama mensosialisasikan Empat Pilar MPR RI kepada masyarakat Minahasa.

“Rencananya tahun depan kita akan kerja sama dengan PWI Minahasa, untuk sosialisasikan Empat Pilar Kebangsaan, kepada masyarakat Minahasa. Ini sudah menjadi tugas sebagai Anggota MPR RI untuk mensosialisasikan dan memasyarakatkan Empat Pilar ditengah kehidupan berbangsa dan bernegara,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Leave a Reply