by

Siap Disalurkan, Pemkab Minahasa Tambah Kuota Penerima Bansos Tahap Pertama

Minahasa – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa menambah jumlah penerima bantuan sosial (Bansos) bahan pokok tahap pertama, untuk masyarakat Minahasa kurang mampu, sebagai tambahan dari kuota sebelumnya.

Hal ini disampaikan langsung Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekdakab Minahasa Dr Denny Mangala MSi, juga selaku Koordinator Percepatan Penanganan Covid-19 di Minahasa, kepada wartawan, Kamis (16/04).

Menurutnya, penyaluran bantuan untuk kuota tambahan tahap pertama ini mulai disalurkan Jumat, 17 April sampai dengan Kamis, 18 April 2020.

“Walaupun jumlahnya tidak terlalu besar, dimana setiap Desa dan Kelurahan hanya akan memperoleh tambahan tujuh Keluarga, tetapi hal ini kiranya akan melengkapi kekurangan Bansos tahap pertama,” kata Mangala.

Karena itu, menurut dia, Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi MM, sudah menugaskan semua pimpinan SKPD untuk mengawal distribusi bansos tambahan tahap pertama tersebut agar benar-benar dapat menyentuh warga masyarakat yang sangat membutuhkan.

“Target dari bansos tambahan ini adalah para penyandang disabilitas, dan bila suatu Desa dan Kelurahan hanya terdapat dua penyandang disabilitas, maka dapat ditambah dengan keluarga tidak mampu sehingga dapat memenuhi kuota tiap Desa dan Kelurahan untuk tujuh Keluarga penerima,” ujarnya.

“Namun demikian, target penerima bansos tambahan ini bukan penerima PKH, BPNT dan bantuan Pemkab tahap pertama sebelumnya. Walaupun distribusi tambahan bansos ini belum bisa memenuhi harapan semua masyarakat, tetapi Bupati dan Wakil Bupati sangat berharap agar masyarakat Minahasa yang membutuhkan kiranya dapat bersabar,” tambahnya.

Selain itu, akan ditindaklanjuti juga dengan bansos tahap kedua. Bahkan, menundaklanjuti kebijakan Pemerintah Pusat, akan diikuti dengan pemberian Bantuan Langsung Tunai kepada keluarga kurang mampu dan yang terdampak Covid 19 melalui Dana Desa.

“ROR-RD juga berharap agar warga Minahasa tetap melaksanakan himbauan pemerintah untuk tetap jaga jarak, stay di rumah, jaga kesehatan serta tidak mudah terpancing dengan isue isue yang tidak bertanggung jawab dan tetap senantiasa berdoa agar Tuhan tetap bersama rakyat Minahasa dan Sulawesi Utara serta akan senantiasa melindungi daerah ini dari penyebaran Covid-19,” pungkasnya.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed