SK-RD Layak Dipasangkan di Pilkada Sulut 2020, Ini Tanggapan Olly Dondokambey

Minahasa – Adanya desas desus bahwa Ketua Dewan Pimpinan (DPD) Daerah Partai Demokrasi (PDI) Perjuangan Sulawesi Utara (Sulut) yang juga Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE, yang tak akan lagi bertarung di Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Sulut 2020, karena diinformasikan akan ditarik Presiden Repoblik Indonesia Ir Joko Widodo di kabinetnya yang baru bersama Wakil Presiden Prof Ma’ruf Amin, menimbulkan tanda tanya besar, siapakah kira-kira Calon Gubernur (Cagub) dan Calon Wakil Gubernur (Cawagub) Sulut yang akan diusung PDI Perjuangan nantinya.

Informasi diperoleh Cybersulutnews.co.id, Wakil Gubernur saat ini yakni Drs Steven O E Kandouw (SK), pun hampir pasti bakal menjadi pilihan utama PDI Perjuangan untuk dicalonkan sebagai Cagub Sulut 2020 mendatang.

Otomatis, posisi Cawagub pun menjadi tanda tanya besar. Sejumlah nama bermunculan, bahkan informasi juga diperoleh Cybersulutnews.co.id, sedikitnya ada 9 nama yang kini disurvei PDI Perjuangan untuk maju sebagai Cawagub berpasangan dengan SK.

Akan hal ini, sejumlah Kader Senior PDI Perjuangan Sulut pun yang berkumpul di kediaman Roy Pangemanan, pada Rabu (18/09) malam lalu, menyimpulkan aspirasi mereka pada salah satu sosok yakni Robby Dondokambey SSi MM (RD), yang saat ini menjabat sebagai Wakil Bupati Minahasa.

Para senior PDI Perjuangan yang berkumpul saat itu untuk menyatukan aspirasi mereka yakni, Max Siso, Roy Pangemanan, Adi Palit, Janes Parengkuan, Jopie Komaling, John Mandala, Anyo Lengkong, Oldy Kansil, Dorothea Kangiras, Loce Kawatak, Ferry Sangian, Jus Tumurang dan Max Mandagi.

“Aspirasi kami adalah memdukung SK bersama RD berpasangan sebagai Cagub Cawagub di Pilkada Sulut 2020 nanti,” kata salah satu senior Janes Parengkuan, yang pernah menjabat sebagai Ketua DPC PDI Perjuangan Kabupaten Minahasa.

Sebagai tindaklanjut aspirasi mereka, Sekretariat Tim Aspirasi Senior PDI Perjuangan untuk SK-RD Menghadapi Pilkada 2020, pun terbentuk. “Kami akan mengundang seluruh senior PDI Perjuangan se-Sulut dari 15 Kabupaten/Kota, untuk lebih memperkuat konsolidasi,” timpal Roy Pangemanan.

Sementara, Olly Dondokambey sendiri ketika diwawancarai Cybersulutnews.co.id, usai ziarah ke makam mantan Wakil Gubernur F H Sualang di Desa Leilem Kecamatan Sonder, Kamis (19/09) siang, masih enggan berkomentar lebih soal itu. OD bertutur bahwa Pilakada Sulut masih lama. “Ah masih lama itu,” ujar OD sambil melemparkan senyum lebar khas dirinya yang mengindikasikan dirinya pun tak menampik soal itu.

Terpisah, RD ketika dimintai tanggapan soal dukungan atau aspirasi para Senior PDI Perjuangan Sulut ini mengaku, dirinya menyerahkan semua itu pada mekanisme partai.

“Ada banyak figur-figur juga yang layak. Semua sementara disurvei, termasuk pak Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring MSi. Kita lihat saja survei dari PDI Perjuangan nanti, yang pasti memang pal OD 99 persen tak lagi mencalonkan diri,” ujar RD.(fernando lumanauw)

Leave a Reply