SMKN I Tondano Ketambahan Jurusan Administrasi Perkantoran

Minahasa – Menjawab tantangan dunia kerja dan kebutuhan siswa, Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) I Tondano menambah jurusan baru, administrasi perkantoran.


Kepala SMKN I Tondano, Dra Stien M Wilar SPd, ketika ditemui Amigosnews, Selasa (17/09) menuturkan, administrasi perkantoran yang merupakan jurusan baru tersebut baru diterapkan sejak tahun ajaran 2013/2014.


“Jurusan administrasi perkantoran ini baru dibuka dan baru diterapkan pada kelas 10 yang merupakan angkatan pertama,” ujar Wilar.


Salah satu tujuan utama ditambahnya jurusan baru administrasi perkantoran, dikatakan Wilar, demi menarik minat lulusan Sekolah Menengah Pertama (SMP) untuk memilih SMKN I Tondano sebagai sekolah lanjutan pilihan.


“Perlu diakui bahwa, SMKN I Tondano kurang diminati bagi lulusan SMP. Dengan menjabat sebagai kepala sekolah yang baru di SMKN I Tondano ini, ada beban secara pribadi untuk mengangkat sekolah ini menjadi lebih dikenal dan diminati,” ujar mantan Kepala SMK N 3 Tondano ini.


Lanjut dikatakan Wilar, untuk tahun ajaran 2014/2015 mendatang, SMKN I Tondano juga akan menambah satu lagi jurusan baru yakni jurusan keperawatan.


“Usulan ini sudah disetujui Pak Bupati dan kami sementara mempersiapkan segala sesuatu yang nanti dibutuhkan untuk penambahan jurusan baru ini,” pungkasnya.


Selain itu, Wilar mengatakan, pihaknya tengah gencar mensosialisasikan program sekolah dan keunggulan semua jurusan di SMKN I Tondano kepada SMP-SMP di Minahasa dan kepada masyarakat luas.


“Sosialisasi sangat perlu sehingga sekolah ini makin dikenal. Kami tek muluk-muluk tapi target kami jumlah pelamar di sekolah ini untuk tahun depan akan meningkat dari tahun sebelumnya,” ujarnya.


Sementara, SMKN I Tondano kini memiliki lima jurusan yakni, tata boga, perhotelan, multi media, tata busana dan administrasi perkantoran.

Leave a Reply