by

SMP Negeri I Tondano Raih Penghargaan Adiwiyata Tingkat Provinsi

Minahasa – Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri I Tondano berhasil meraih penghargaan Sekolah Adiwiyata tingkat Provinsi Sulawesi Utara (Sulut). Penghargaan ini pun diterima sekolah ini, Selasa (19/10) pagi, lewat acara penyerahan penghargaan Sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi Sulut, bertempat di aula SMP Negeri I Tondano.

Piagam penghargaan ini sendiri diserahkan oleh Kepala Bidang Penaatan dan Peningkatan Kapasitas Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Arfan Basuki SH, mewakili Pemerintah Provinsi Sulut, kepada Asisten I Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa Drs Riviva Maringka MSi, dan kemudian diserahkan kepada Kepala SMP Negeri I Tondano Meily Paoki SPd MAP.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Minahasa Drs Vicky Kaloh dalam laporan kegiatan ini mengatakan, pemberian penghargaan Sekolah Adiwiyata ini merupakan kerjasama antara Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan dengan Kementerian Pendidikan, dimana penghargaan ini sendiri diberikan kepada sekolah-sekolah yang peduli dan berbudaya lingkungan hidup, melalui penerapan perilaku ramah lingkungan hidup oleh warga sekolah itu sendiri dan berhasil meningkatkan kualitas lingkungan hidup di sekolah, lingkungan sekitarnya dan daerah.

“SMPN I Tondano dikategorikan sebagai sekolah yang telah memenuhi persyaratan dan telah melalui tahapan-tahapan yang telah ditetapkan, sehingga akhirnya dinyatakan memenuhi syarat. Kami berharap ini menjadi pemicu bagi sekolah-sekolah yang lain yang ada di Minahasa untuk berpacu dalam hal ini,” ujar Kaloh sembari berterima kasih kepada Pemerintah Provinsi Sulut melalui Dinas Lingkungan Hidup, kemudian dan berterima kasih kepada Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi, atas support sehingga SMP Negeri I Tondano boleh meraih penghargaan ini.

Bupati ROR dalam sambutan yang diwakili oleh Asisten I Drs Riviva Maringka MSi menyampaikan selamat kepada SMP Negeri I Tondano atas penghargaan ini. Menurutnya, sekolah ini telah mewujudkan lingkungan hidup yang bersih dan sehat.

“Lingkungan hidup bersih dan sehat tentu menjadi dambaan institusi pendidikan kapan saja dan dimana saja. Karena lingkungan sekolah yang bersih dan sehat mencerminkan keberadaan warga sekolah mulai dari siswa, guru, staf karyawan, unsur pimpinan sekolah bahkan sampai orang tua siswa. Dengan diterimanya penghargaan ini, tentu akan terus memotivasi semua sekolah di Minahasa agar peduli lingkungan hidup,” ujarnya.

Sementara, Gubernur Sulut Olly Dondokambey SE dalam sambutan tertulis yang dibacakan Kepala Bidang Penataan Lingkungan Hidup Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Sulut Arfan Basuki SH, diantaranya mengatakan bahwa, penghargaan ini merupakan bentuk apresiasi kepada warga sekolah yang telah menjaga lingkungan hidup.

Menurutnya, kondisi lingkungan hidup kita saat ini rawan dengan bencana. Sehingga, kebijakan pendidikan lingkungan menjadi penting dalam rangka memberikan kesadaran dan pemahaman atau pengetahuan kepada anak didik, guru dan seluruh masyarakat yang berada disekitar tentang pentingnya menjaga dan menyelematkan lingkungan hidup secara berkelanjutan.

Sehingga, pada 19 Februari 2004 silam, Departemen Pendidikan Nasional, Departemen Agama dan Departemen Dalam Negeri telah menetapkan kebijakan pendidikan lingkungan hidup, yang diyakini menjadi salah satu solusi yang efektif dan efisien untuk menjaga lingkungan hidup tetap lestari,” ujarnya.

“Ada 53 yang ikut dan ada 10 sekolah yang lulus dalam penilaian, dimana SMP Negeri I menjadi salah satunya. Dengan demikian, SMP Negeri I Tondano akan diikut sertakan dalam lomba Adiwiyata tingkat nasional pada tahun 2022 mendatang,” pungkasnya.

Kepala SMP Negeri I Tondano Meily Paoki SPd MAP pun menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik guru-guru, anak didik, orang tua siswa dan masyarakat, sehingga SMP Negeri I Tondano bisa menerima penghargaan Adiwiyata ini.

“Terima kasih kepada bapak Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Drs Steven Kandouw atas penghargaan ini, dan terima kasih juga kepada bapak Bupati Minahasa Dr Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey atas dukungan dan dorongan semangat sehingga sekolah ini bisa meraih penghargaan Adiwiyata,” ujarnya, sembari tetap memohon dukungan untuk SMP Negeri I Tondano yang akan mewakili Sulut di tingkat nasional.(fernando lumanauw)

Comment

Leave a Reply

News Feed