Supit Ajak Warga Lakukan Reboisasi

Ondong – Peralihan cuaca saat ini mendapat perhatian serius Bupati Sitaro Toni Supit.

Orang nomor satu di bumi Karangetang Mandolokan Kolo-kolo ini, mengajak warga untuk melakukan reboisasi dengan menanam kembali hutan yang telah tandus dan gundul pasca musim kemarau panjang tiga tahun terakhir.

“Banyak lahan yang kering pasca kemarau panjang dan terjadinya kebakaran lahan.

Karena itu, pemerintah mengajak warga untuk sama-sama berperan serta melakukan reboisasi,” kata bupati, di Ondong kemarin. Menurut Supit, penghijauan memiliki peranan penting dalam kehidupan manusia sehari-hari.

Selain membuat terhindar dari berbagai ancaman bencana alam, terutama tanah longsor dan banjir, juga menyelamatkan bumi dari pemanasan global (global warming).

“Sejauh ini cuaca ekstrem sering melanda daerah kita dengan turun hujan disertai angin kencan. Situasi ini identik dengan ancaman bencana tanah longsor dan banjir. Untuk itu, perlu ada langkah antisipatif,” ucap dia lagi.

Supit menambahkan, agar terhindar dari bencana alam, semua komponen yang ada, rajin melakukan penanaman pohon, baik itu di kebun ataupun di pekarangan rumah bagi yang masih memiliki lahan untuk ditanami.

“Kita harus bersahabat dengan lingkungan karena itu merupakan bagian yang tak terpisahkan dalam kehidupan ini.

Sudah menjadi keharusan bagi kita untuk senantiasa menjaga alam dengan berbagai kegiatan-kegiatan peduli lingkungan, seperti reboisasi serta menjaga kebersihan dengan tidak membuang sampah sembarangan,” pungkasnya.(jackmar tamahari)

Leave a Reply