Syerly Sompotan Resmi Ketua DPD HKTI Sulut

Tomohon – Wakil Walikota Syerly Adelyn Sompotan yang akrab disapa SAS resmi menahkodai Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Sulawesi Utara Periode 2019-2023.
Pelantikan SAS digelar Rabu (27/02/2019) di Aula Karya Indah Kakaskasen Kota Tomohon.

SAS dilantik Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko SIP sekaligus Kepala Staf Kepresidenan diwakili Wakil Ketua Umum DPN HKTI Drs Daryoto Setiyawan MM melantik SAS bersama pengurus DPP HKTI Sulawesi Utara.

Dalam sambutan Ketua DPP HKTI Sulut SAS mengatakan bahwa sebagai pengurus DPP HKTI Sulut yang baru, mendapatkan amanah untuk bekerja, berkarya, memajukan dan mensejahterakan insan tani di Sulut.

“Kami merasa tertantang sebagai suatu organisasi yang harus sanggup memberi solusi bagi para petani yang tentunya dapat berdampak pula pada perekonomian insan tani itu sendiri, bahkan roda perekonomian di Sulut khususnya. Kami bertekad memperkuat organisasi sehingga bisa memberikan peran dan kontribusi yang lebih besar bagi para petani yang tentunya membutuhkan kolaborasi aktif dan solid dari pemerintah provinsi dan kabupaten/kota bahkan seluruh stake holder yang ada untuk bersama-sama membangun kedaulatan pangan, memakmurkan petani dan menjadikan petani semakim maju bahkan menjadi mitra strategis pemerintah dalam pembangunan pertanian,” ujar SAS saat memberi sambutan usai dilantik.

“Lebih dari itu, arahan, dukungan bahkan bantuan dari Dewan Pimpinan Nasional HKTI bersama jajaran DPN HKTI sangat kami butuhkan dalam keberhasilan perjalanan kepemimpinan kami kedepan, demi tujuan HKTI yang kita cintai ini,” tandas SAS yang disambut meriah oleh semua yang hadir.

Sementara Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional (DPN) Himpunan Kerukunan Tani Indonesia (HKTI) Jenderal TNI (Purn) Dr Moeldoko SIP dalam sambutannya dalam slide video yang ditayangkan mengucapkan banyak selamat atas dilantiknya pengurus DPP HKTI Prov Sulut dan mengingatkan bahwa HKTI sebagai mitra pemerintah pusat dan daerah serta sebagai institusi yang menjembatani berbagai kepentingan untuk kesejahteraan rakyat.

“Saya mengucapkan banyak selamat kepada Ibu Syerly dan semua pengurus yang dilantik. Semoga amanah yang diberikan akan dilaksanakan untuk kesejahteraan bersama,” ujar Moeldoko.

Sambutan pun dilanjtkan oleh Wakil Ketua DPN HKTI Drs Daryoto Setiyawan MM yang menyebut pelantikan ini istimewa karena SAS satu-satunya perempuan yang menjabat Ketua DPD HKTI.

“Sebagai seorang ibu tentunya Ibu Syerly bisa lebih mengayomi para petani di Sulawesi Utara,” ujar Daryanto.

Sementara Gubernur Sulut Olly Dondokambey yang diwakili Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Daerah Prov Sulut Ir Noldy Wowiling MSi dalam sambutannya mengatakan bahwa diharapkan memiliki ketulusan hati dan kebesaran jiwa dalam mengemban tugas dan tanggung jawab yang dipercayakan serta dapat mewujudkan dan memajukan sektor pertanian demi kesejahteraan rakyat.

Dalam acara ini juga diberikan secara simbolis bantuan dari sejumlah pihak di antaranya bantuan bibit aren, ternak babi dan ayam arab yang diberi langsung oleh Jendral Moeldoko yang diserahkan secara simbolis. Ada juga bantuan dari PT Pegadaian Indonesia untuk para kelompok tani. Bantuan diserahkan oleh Wakil Ketua DPN HKTI, Ketua Umum DPP HKTI Sulut dan Kepala Pegadaian (Persero Kanwil V Manado) Abdul Wadud Assegai.

Turut hadir Walikota Tomohon Jimmy F Eman SE Ak, Ketua Bidang OKK DPN HKTI Ir Totok Sugiyarto, Wakil Sekretaris Jendral DPN HKTI Arif Rahman, Ketua Bidang DPN HKTI George N Kuahaty, Komite Keanggotaan DPN HKTI Afifudin SE MM MSi, Danlanud diwakili Letkol Enos Pasodung, Danlantamal VIII TNI-Angkatan Laut Letkol Laut M Sompotan, Pangdam XIII Merdeka diwakili Kolonel Arahanud Sinthu BAS, Kajari Tomohon diwakili M Fadhel Iqbal SH, Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi serta para undangan dan tamu.(mar)

Leave a Reply