Tahun 2019 Pemkab Mitra Terapkan Sistem E-Planning, E-Budgeting dan E-Kinerja

Mitra – Di tahun 2019 berjalan ini, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa Tenggara (Mitra), mulai menerapkan sistem e-Planning, e-Budgeting dan e-Kinerja.

Hal ini dikatakan Bupati Mitra James Sumendap SH, kala dirinya memberi amanat kepada seluruh jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN), saat Apel Olahraga dan Jalan Sehat Bersama, bertempat di Lapangan Ompi Ratahan, Jumat (04/01) pagi tadi.

Dikatakannya, Pemkab Mitra saat ini memasuki era baru, era digitalisasi dimana Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2019, sudah menerapkan e-Planning dalam perencanaan, e-Budgeting dalam pengelolaan keuangan dan e-Kinerja dari sisi kerja.

“Dengan menerapkan ini, semua sudah dalam sistem yang ada dan semua terukur lewat sistem elektronik ini. Sehingga, seluruh ASN di Mitra harus menyesuaikan diri dengan penerapan sistem ini,” kata Bupati.

Lanjut dikatakannya, menurut Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Repoblik Indonesia, ada 5 instansi yang spesifik mempunyai beban kerja tinggi yaitu Sekretariat Daerah, Sekretariat Dewan, Keuangan, Bappeda dan Inspektorat.

“Lima instansi itu ada poin tertinggi, namun semua itu harus didasari oleh profesionalisme dan kemampuan ASN, mengingat beban kerja paling berat,” tukasnya.

Menurutnya, di Sulawesi Utara baru di Kabupaten Mitra yang menerapkan sistem ini. Sehingga, baik anggaran, perencanaan dan kinerja akan terukur, yang tidak bekerja dan tidak disiplin akan ketahuan.

“Pesan saya agar saudara-saudara harus punya smartphone berbasis Android ataupun IOS, karena kalau tidak ada maka anda-anda akan kesulitan ketika dalam tugas kerja saudara tidak terinput dalam data base e-kinerja,” pesan JS.(fernando lumanauw)

Leave a Reply