Tahun ini, 21 Sekolah Nikmati DAK Pendidikan

Ondong – Proyek fisik di Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Dikpora) Sitaro tahun anggaran 2017, khususnya yang menggunakan Dana Alokasi Khusus (DAK) di Pemkab Sitaro sekira Rp4,3 miliar.

Adapun dana tersebut akan diarahkan untuk pembangunan sarana infrastruktur pendidikan di 21 sekolah yang tersebar bumi Karangetang Mandolokang Kolo-kolo.

Kepala Dinas Dikpora Sitaro Robert Kahiking, mengatakan, anggaran tersebut diperuntukan untuk rehabilitas bangunan Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP), yang mengalami kerusakan baik dari kategori ringan hingga kategori sedang.

“Alokasi untuk SD sekira Rp2,7 miliar dan untuk SMP Rp1,6 miliar. Juknis dari pusat sudah ada. Sehingga tinggal direalisasikan,” kata dia, di Ondong kemarin.

Lanjut Robert, untuk sekolah yang bakal direhab telah disurvei yang mana lebih diprioritaskan sesuai petunjuk teknis dari Kementerian Pendidikan.

“Untuk SD rehab kebanyakannya ruang belajar yaitu 22 ruangan di 17 sekolah yang ada. Selain itu, ada pengadaan buku koleksi perpustakaan di 18 sekolah. Sedang untuk SMP, ada 6 ruangan dari 4 sekolah serta pengadaan alat pendidikan di 10 sekolah,” sebut dia.

Sementara itu, Harto Narasiang, salah satu pemerhati Sitaro, menegaskan, agar dalam penyaluran DAK 2017, dilakukan secara objektif dan tepat sasaran.

“Selain itu, anggarannya jangan disunat. Kan, sayang nantinya kualitas fisik bangunan tidak bagus,” lugasnya.(jackmar tamahari)

Leave a Reply