Tahun ini, Pemerintah Alokasikan Rp 46,6 Miliar Atasi Eceng Gondok di Danau Tondano

Minahasa – Bentuk keseriusan mengatasi persoalan Eceng Gondok untuk penyelamatan Danau Tondano, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa, dibantu Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara dan Pemerintah Pusat, kini mengalokasikan anggaran sebesar Rp 46,6 miliar.

Anggaran sebesar ini dalam setahun yang dikhususkan untuk pengangkatan Eceng Gondok di Danau Tondano, terbilang pertama kali dan terbesar sejak beberapa tahun belakangan.

Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, kepada wartawan usai kegiatan Karya Bakti Skala Besar tahun anggaran 2020, di Wilayah Kodim 1302 Minahasa, bersama Mayor Jederal George Supit SSos, pesisir Danau Tondano, di Kelurahan Paleloan Kecamatan Tondano Selatan, Senin (21/01) siang mengatakan, angaran sebesar ini diharap dapat mengatasi persoalan Eceng Gondok ini hingga akhir tahun.

“Pak Gubernur Olly Dondokambey SE dalam program ODSK Pemprov Sulut telah menganggarkan Rp 20 Miliar untuk pengadaan alat berat jenis Ekscavator long arm sebanyal lima unit dan ponton, sekaligus biaya operasionalnya, kemudian Pemerintah Pusat sudah membantu dalam APBN sebesar Rp 20 Miliar dan Pemkab Minahasa sebesar Rp 6,6 Miliar,” terang ROR.

ROR berharap, bantuan Pemerintah Pusat daro APBN bisa bertambah. Sebab menurutnya, anggaran Rp 20 Miliar dari APBN itu terbilang sangat kecil, mengingat Danai Tondano masuk dalam 15 Danau prioritas di Indonesia, yang seharusnya menjadi tanggung jawab Pemerintah Pusat.(fernando lumanauw)

Leave a Reply