Terobosan OD-SK Berbuah Manis, Pariwisata Bergeliat, Pemerintah Pusat Mengapresiasi

Related image

Sulut, the land of smilling people

Manado – Pemerintah Provinsi di wilayah berjuluk Bumi Nyiur Melambai ini menitikberatkan pada sektor pariwisata untuk mendorong pertumbuhan ekonomi daerah.

Di hari Ulang Tahun ke-54 tahun ini, fakta menunjukkan, kondisi pariwisata di Sulut saat ini sedang bergeliat, tumbuh menggembirakan. Bahkan, sektor ini telah mampu menyumbang produk domestik regional bruto (PDRB) yang signifikan.

kunjungan wisatawan ke Sulut selang dua tahun kepemimpinan OD-SK melonjak signifikan


Berdasarkan data Badan Pusat Statistik Provinsi Sulawesi Utara juga menyebutkan bahwa jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut tahun 2016 sebanyak 48.288 orang. Ini melonjak signifikan hampir dua kali lipat pada tahun 2017 sebanyak 86.976 orang. sedangkan kunjungan wisatawan domestik di tahun 2016 sebanyak 1.253.626 orang, meningkat sebanyak 1.698.523 orang pada tahun 2017.

Pemprov Sulut di bawah kendali Gubernur Olly Dondokambey dan Wagub Steven Kandouw (OD-SK) terus menggenjot sektor pariwisata dengan membangun infrastruktur penunjang seperti jalan dan fasilitas umum lainya.

Image result for kek pariwisata likupang

KEK Pariwisata di Likupang siap realisasi

Pemprov Sulut kini juga terus mematangkan rencana pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata di Likupang, Kabupaten Minahasa Utara yang diharapkan dapat mendongkrak kunjungan wisatawan baik domestik maupun mancanegara.

Seperti diketahui, Likupang memiliki sejumlah objek wisata yang potensial untuk dikembangkan. Sebut saja, antara lain Pantai Paal, Pantai Pulisan, Pulau Gangga, dan Pulau Lihaga. Lokasi ini layak dikembangkan sebagai alternatif lain dari Taman Nasional Bunaken yang sudah lebih dahulu populer.

Sadar dengan strategisnya sektor ini, Pemprov Sulut pun siap mendiversifikasikan destinasi wisata untuk menggenjot sektor ini.

Related image

Iven dan promosi pariwisata berjalan seiring

Terobosan Bidang Pariwisata OD-SK Berbuah Manis, Manado ‘Tampias’ Penghargaan

Sejumlah terobosan dilakukan OD-SK di sektor pariwisata berbuah manis dan hasilnya tengah dirasakan warga Sulut.

Manado sebagai ibu kota provinsi Sulawesi Utara mendapatkan limpahan (tampias) besar dari hasil yang ditanam ODSK tersebut. Salah satu bukti yaitu Manado berhasil mendapatkan apresiasi pemerintah pusat lewat penghargaan Yokatta Wonderful Indonesia Tourism Awards 2018.

Penghargaan yang diberikan Kementerian Pariwisata dan Ekomomi Kreatif Republik Indonesia ini karena Manado dinilai sebagai kota yang mampu meningkatkan arus kunjungan wisatawan di Indonesia.

Penghargaan yang diterima Kota Manado ini tak bisa disangkal merupakan pengakuan atas komitmen dan kerja Gubernur Olly Dondokambey dan Wakil Gubernur Steven Kandouw dalam memajukan pariwisata bumi Nyiur Melambai.

Image result for kandouw serbia

Pagelaran busana tradisional Sulut di Eropa, Rombongan dipimpin Wagub Steven Kandouw berhasil pukau pengunjung

Diketahui, sejumlah upaya yang dilakukan gubernur Olly untuk memajukan pariwisata Sulut yakni dengan menerobos berbagai regulasi pusat yang selama ini menghambat majunya pariwisata Sulut. Berbekal jaringan luas di pemerintah pusat, Olly berhasil menjadikan Bandara Internasional Sam Ratulangi (Samrat) menjadi satu di antara bandara yang bebas visa bagi wisatawan yang ingin berkunjung ke Sulawesi Utara.

kebijakan di sektor pariwisata ODSK telah meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan mancanegara ke Sulut setelah dibukanya konektivitas dari dan keluar negeri lewat penerbangan langsung ke Manado dari sejumlah kota besar di Tiongkok.

Bahkan baru-baru ini, Wagub Steven Kandouw mengungungkap sejumlah penerbangan langsung dari beberapa kota besar Korea ke Manado telah dibuka.

Image result for odsk pariwisataDiketahui, strategi pembangunan pariwisata di Sulut bakal semakin optimal karena didukung upaya pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus Pariwisata Likupang, pengembangan Bandara Sam Ratulangi dan kawasan Bunaken yang nantinya akan menjadi pusat jaring laba-laba bagi sistim pembangunan pariwisata Sulut.

Leave a Reply