Tinggal Menunggu Hasil, Penilaian Akreditasi RSUD Sam Ratulangi Tondano Rampung

Minahasa – Setelah selama empat hari menerima kunjungan Tim Akreditasi dari Komisi Akreditasi Rumah Sakit (KARS), terhitung mulai 21 Mei lalu hingga Jumat 24 Mei hari ini, Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Dr Sam Ratulangi Tondano akhirnya rampung dinilai soal akreditasi Rumah Sakit.

Ketua Tim Akreditas Dr Tri Wahyu Sarwiyata MKes, ketika diwawancarai Cybersulutnews.co.id, Jumat (24/05) siang enggan berkomentar lebih. Hanya saja menurutnya, apa yang dinilai di RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano terkait akreditasi ini, akan dibawah ke KARS.

“Hasil ini akan dibawah ke KARS dan KARS lah yang akan menentukan apa hasilnya nanti, berdasarkan apa yang kami dapat di lapangan sebagai potret RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano,” pungkasnya.

Direktur Utama RSUD Dr Sam Ratulangi Tondano dr Maryani Suronoto MBio Med, ketika ditemui Cybersulutnews.co.id mengatakan, selama empat hari ini Tim Akreditasi telah melakukan sejumlah penilaian, dan hasilnya tinggal ditunggu.

“Ya tinggal menunggu hasilnya seperti apa,” kata Suronoto semberi berharap Rumah Sakit kebanggaan Tou Minahasa ini bisa mendapat hasil terbaik sebagaimana yang diharapkan.

Sementara, akreditasi ulang RSUD Dr Sam Ratulangi ini merupakan keharusan, sebab menjadi syarat utama bagi Rumah Sakit dalam melayani peserta Jaminan Kesehatan Nasional Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan.

Akreditasi yang dimiliki Rumah Sakit kebanggaan Kabupaten Minahasa yang dikelolah Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Minahasa ini sendiri akan berakhir 29 Mei mendatang.

Sehingga, perpanjangan akreditasi menjadi hal mutlak bila masih ingin melayani peserta BPJS Kesehatan. Apalagi, saat ini Pemkab Minahasa dibawah pimpinan Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, telah menerapkan program universal coverage, dimana seluruh masyarakat Minahasa dijamin oleh Pemkab Minahasa soal BPJS gratis, khususnya untuk fasilitas kesehatan tingkat pertama atau Kelas III.(fernando lumanauw)

Leave a Reply