Tingkatkan Kualitas Pelayanan Administrasi Kependudukan, Dukcapil-KB Sulut Gelar Bimtek

Manado – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Keluarga Berencana (Dukcapil-KB) Provinsi Sulawesi Utara menggelar Bimbingan Teknis Pemanfaatan Data dan Dokumen Kependudukan di Hotel Gran Puri Manado, Senin (06/11/17).

Kegiatan itu penting guna meningkatkan kualitas pelayanan administrasi kependudukan dan keakuratan data kependudukan.

“Oleh karenanya, saya mengajak peserta bimbingan teknis ini sekalian untuk memberikan fokus dan perhatian penuh terhadap setiap substansi materi yang akan disampaikan dalam kegiatan ini,” tukas Kepala Dinas Dukcapil-KB Sulut dr Bahagia Mokoagouw saat membacakan sambutan Gubernur Olly Dondokambey.

“Kita pahami bersama bahwa administrasi Kependudukan sebagai suatu sistem yang diharapkan dapat memberikan pemenuhan hak-hak administrasi penduduk dalam pelayanan publik serta memberikan perlindungan yang bekenaan dengan penerbitan dokumen penduduk tanpa ada perlakuan diskriminatif melalui peran aktif pemerintah,” sambung Mokoagouw.

Lebih jauh dikatakannya, pemerintah provinsi melalui Dinas Dukcapil sebagai perangkat daerah yang bertanggung jawab secara teknis dituntut untuk mampu meningkatkan peran dan fungsi serta kemampuan teknis aparat pemerintah kabupaten/kota di bidang Kependudukan dan Catatan Sipil dalam menata kelola adminitarasi kependudukan secara baik dan benar termasuk pemanfaatan data dan dokumen Kependudukan.

“Dalam konteks itulah terselenggaranya agenda bimbingan teknis saat ini memegang subtansi penting yang wajib untuk kita sukseskan besama pelaksanaannya,” tukasnya.

Leave a Reply