TMMD ke-103 Segera Digelar, TNI-AD Gelar Lomba Jurnalistik

Tomohon – Komandan Kodim 1302 Minahasa Letnan Kolonel (Letkol) Infantri Nixon Juberth Purnama STh beserta beberapa perwira melakukan  sosialisasi terkait lomba karya jurnalistik TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) dengan wartawan media cetak, online dan elektronik yang ada di wilayah Kodim 1302 Minahasa di Kompleks Koramil 06 Tomohon, Senin (08/10/18).

Dalam kesempatan itu, Dandim Nixon Juberth Purnama menjelaskan bahwa Kodim 1302 Minahasa akan menggelar Program TMMD Reguler ke 103 tahun 2018 di Kelurahan Pangolombian Kecamatan Tomohon Selatan.

“Kegiatan ini rencananya akan dimulai tanggal 16 Oktober-14 November 2018 dan akan berlangsung selama 1 bulan dengan sasaran pembangunan fisik diantara pembuatan perintisan dan pengerasan jalan kurang lebih 2 KM,” jelas Letkol Nixon Purnama, STh.

Sehubungan dengan kegiatan tersebut Letkol Inf Nixon Purnama, STh mengundang pers untuk mengikuti lomba karya jurnalistik TMMD ke-103 yang nantinya akan diperlombakan dengan satuan lain yang melaksanakan TMMD di seluruh Indonesia.

“Buatlah tulisan sebanyak mungkin dan terbitkan di media masing-masing serta nanti akan ikut lomba karya jurnalistik tingkat Korem dan Kodam sampai tingkat Angkatan Darat. Pemberitaan media massa akan diteruskan ke Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) yang nanti beritanya akan diseleksi,” jelasnya.

Dalam kegiatan TMMD ini kita berlomba untuk pemberitaan karena media memiliki kekuatan dan pengaruh yang sangat besar terhadap pemberian informasi kepada masyarakat khususnya pelaksanaan TMMD ke 103 ini,” ungkapnya.

Dijelaskan, untuk tema lomba karya jurnalistik adalah TNI Manunggal Rakyat Dalam Mewujudkan Kelurahan Yang Maju Sejahtera dan Demokratis. Untuk kategori I diperuntukkan kepada para Kepala Penerangan Kodam (Kapendam) Kategori II untuk para wartawan media elektronik, untuk Kategori III para wartawan media cetak dan online, Kategori IV untuk para Dandim sebagai Komandan satuan tugas (Dansatgas).

Materi lomba peserta bebas memilih materi, ide karya jurnalistik yang berkaitan dengan TMMD ke-103, antara lain menggambarkan kemanunggalan TNI rakyat, Potret kehidupan masyarakat dengan prajurit, mengambarkan sisi humanis, nilai kemanusiaan.

“Untuk itu buatlah tulisan sebanyak mungkin dan terbitkan di media masing-masing serta nanti akan ikut lomba karya jurnalistik tingkat Korem dan Kodam sampai tingkat Angkatan Darat. Pemberitaan media massa akan diteruskan ke Dinas Penerangan Angkatan Darat (Dispenad) yang nanti beritanya akan diseleksi,” jelasnya seraya menambahkan untuk pemenang akan mendapatkan piala dan penghargaan langsung dari Kasad.

Diketahui, Kodim 1302 Minahasa meliputi Kota Tomohon, Kabupaten Minahasa, Kabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) dan Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Untuk Markas Kodim 1302 berada di Kota Tondano Minahasa. (mar)

Leave a Reply