Tomohon Jadi Pilot Project Pengembangan SDM

Jimmy Eman

Jimmy Eman

Tomohon – Reformasi birokrasi yang digalakkan Walikota Tomohon, Jimmy F Eman SE Ak telah banyak berbuat hasil. Salah satu yang membanggakan adalah terpilihnya Tomohon menjadi daerah percontohan atau Pilot Project Pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Sulawesi Utara.

“Hal ini merupakan apresiasi tersendiri bagi Walikota (Eman-red) bersama seluruh aparatur yang ada guna memotivasi dan mendorong peningkatkan SDM aparatur untuk meraih prestasi dan meningkatkan kinerja di lingkungan kerja masing-masing,” kata Kaban BKD Kota Tomohon, Masnah Pioh SSos.

Sementara terkait pengembangan SDM aparatur negara, jjumlah PNS Kota Tomohon saat ini berjumlah  3217 ditambah 45 personil jalur umum 2013 dan formasi K2 yang lagi menunggu mengumuman.

“Jumlah ini menunjukkan pada kualifikasi/­kompetensi aparatur pemerintah telah memadai meski dalam formasi tertentu yang dibutuhkan belum mencukupi,” ujar Pioh.

Sementara Eman sendiri mengatakan pemerintah masih menunggu kebijakan pemerintah pusat tentang renumerasi.

“Meski demikian sebagai wujud apresiasi pemerintah daerah telah memberikan tunjangan tambahan penghasilan kepada seluruh pejabat struktural sampai kepada staf pelaksana. Serta kepada perangkat kelurahan, Kepala Lingkungan dan Wakil Kepala Lingkungan dan Hansip mendapatkan kenaikan insentif yang dibayarkan perbulan,” jelas Eman.

 

Karena itu Eman mengharapkan bahwa dengan spirit mapalus,yang dibarengi kerja keras, kerja cerdas dan kerja tuntas senantiasa akan terus membakar semangat pengabdian kita semua bagi kemajuan Kota Tomohon tercinta.

“Lewat Tata Kelola Pemerintahan melalui peningkatan SDM dalam semua tingkatan aparatur pemerintahan, Penempatan personal SDM yang tepat dan Clean Goverment yang melibatkan berbagai komponen seperti SOP (prosedur Operasional Standar) dalam hal tata kepemerintahan, Etos dan budaya kerja yang semakin profesional, reward & Punisment secara berimbang dan berkelanjutan,” tandas Eman.

 

Untuk jajaraan Pemerintah Kota Tomohon PNS menurut golongan didominasi oleh pegawai golongan III, dimana tahun 2012 mencapai 53.95 persen dan tahun 2013 mencapai 56.58 persen Dan secara keseluruhan pada tahun 2013 untuk golongan I : 0.09 persen, golongan II :20.87 persen Golongan III 56.56 persen.

Dengan komposisi pegawai lulusan SI tahun 2012 berjumlah 1789 PNS dan pada tahun 2013 meningkat menjadi 1849 pegawai. (Maria Wolajan)

 

 

 

Leave a Reply