Tomohon Maju Pesat, Ini Kata Warga Kawanua Yang Khusus Datang Hadiri TIFF 2019

Menteri Pariwisata Arief yahya saat membuka secara resmi TIFF 2019

Tomohon – Tak bisa dipungkiri, Kota Tomohon jadi daerah pemekaran paking maju di Sulawesi Utara. Sebagai Kota pemekaran dari Kabupaten Minahasa, Kota Tomohon sukses jadi pionir daerah-daerah pemekaran di Sulut.

Hal ini pun diakui oleh Representative of Oceana and South-East Asia Region Karen Tambayong, yang juga juri pada pelaksanaan TIFF 2019 mengakui kemajuan pembangunan di Kota Tomohon. Karen turut serta mempromosikan keindahan Tomohon dan Sulut Pada umumnya

“Tahun 2007 kami membuatkan Grand Design Tomohon Kota Bunga , membranding Kota dengan ikon bunga. Tournament of Flower ( parade kendaraan hias bunga ) merupakan salah satu program yang kami usulkan dan langsung diimplementasikan saat itu,” kata Tambayong baru-baru ini.

Menurutnya, setelah 12 tahun program itu berjalan dengan baik dan karena branding dengan Bunga maka sangat mudah menarik tourism (wisatawan) apalagi Tomohon tempatnya sudah cantik, begitu sejarahnya secara singkat.

“Kota yang sejuk, kota perlintasan di provinsi Sulawesi Utara, Gorontalo dan sekitarnya telah menjadikan Tomohon sebagai Kota yang sangat menarik untuk dikunjungi sehingga mendapat julukan Kota Lima Dimensi (Agama, Pariwisata,Perdagangan,Pendidikan, Pariwisata dan Agro Industri,” ujarnya lagi.

Seiring dengan pelaksanaan Tomohon International Flower Festival yang telah masuk kalender pariwisata nasional tentu semakin mendunia. Karena setiap tahunnya banyak di kunjungi wisatawan nusantara dan mancanegara.

Dimana hampir setiap tahun dalam iven TIFF selalu dihadiri para duta besar negara sahabat serta tamu dan undangan lainnya baik gubernur, Bupati,Walikota serta wisatawan pada umumnya.

“Kepariwisataan di Kota Tomohon bertumbuh sangat signifikan dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini diikuti dengan pengembangan unit-unit akomodasi baru.
Pembukaan beberapa cafe dan restoran membuat Kota Tomohon semakin mudah dijangkau dan nyaman kata Ibu Karen, karena dampak luas dalam perekonomian akan begitu terasa dan menggerakkan sektor-sektor lainnya,” jelas Tambayong.

Lanjut Karen Grand disain yang kami ciptakan bersama Pemerintah dan masyarakat Kota Tomohon telah terbukti setelah 12 Tahun dan dapat dinikmati pula oleh seluruh
Rakyat Indonesia dan juga wisatawan mancanegara.

Teruslah menjadikan Tomohon sebagai Kota Bunga dan tanamlah banyak bunga di sekitar Kota.

“Tomohon sudah berubah, banyak cafe cafe baru, infrastruktur penunjang semakin memadai dan nyaman.Pokoknya kita nggak ngenalin lagi kalau ke Tomohon. Ayo ke Tomohon dan saksikan kesejukan dan keindahan alamnya serta keramahan masyarakatnya. Tomohon Elok banget kata,” kata Tambayong yang diiyakan oleh beberapa kawan beliau yang sengaja datang menghadir di TIFF 2019.

Bukan hanya Tambayong, banyak tokoh kawanua yang sengaja datang untuk menyaksikan TIFF 2019.(mar)

Leave a Reply