TPA Langowan Dipindah Pada Lokasi Baru

Christian Vicky Tanor SPi MSi

Christian Vicky Tanor SPi MSi

Minahasa – Dinilai tak lagi representatif, tempat pembuangan akhir (TPA) sampah di wilayah Kecamatan Langowan, bakal direlokasi ke tempat yang baru.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Pasar dan Kebersihan Kabuaten Minahasa, Christian Vicky Tanor SPi MSi, kepada CSN, Kamis (19/12).

Sebagai bentuk tindak lanjut terhadap rencana relokasi tersebut, dikatakan Tanor, pihaknya saat ini dalam proses pembebasan lahan.

“Awal Tahun depan dipastikan segera ada lokasi baru setelah nanti ada pembebasan lahan warga yang telah ditinjau,” terang Tanor.

Menurut Tanor, sampai saat ini ada dua lokasi di dua desa berbeda yang memungkinkan untuk dijadikan TPA yaitu Desa Manembo dan Teep.

“Saat ini Dinas Pasar sementara melakukan negosiasi dengan pemerintah desa setempat dan juga pemilik lahan,” ujarnya.

Disadari Tanor, proses pembebasan lahan bisa memakan waktu cukup lama. Pasalnya, hal ini pasti akan terbentur dengan harga tanah yang harus dibayarkan kepada masyarakat pemilik lahan.

“Tetap akan diupayakan, mudah-mudahan masyarakat, khususnya pemilik lahan bisa memahami maksud dari pemerintah untuk segera memiliki lokasi TPA,” ungkap Tanor.(fernando lumanauw)

Leave a Reply