TPA Mitra Tak Berfungsi, BLHKP Berdalih Minim Kendaraan

Mitra-Sampah dikabupaten Minahasa Tenggara (Mitra) mengancam atau bisa dipastikan akan menghiasi setiap lorong dan jalan.

Ini buntut dari tidak beroperasinya tempat pembuangan sampah (TPA) tepatnya di Kelurahan Wawali Pasan, yang dibangun pemerintah sejak 2012 lalu.
Ditambah lagi angkutan kendaraan sampah yang belum memadai, sehingga belum dapat menjangkau seluruh kecamatan dikabupaten ini.

“Kami belum mengoperasikan tempat sampah, padahal itu pengerjaannya sudah selesai. Sebab jembatan menuju TPA masih rusak dan kami sudah koordinasikan hal ini dengan pihak PU,” kata kepala Badan Lingkungan Hidup Kebersihan dan Pertamanan (BLHKP) Mitra Robby Ngongoloy.

Tak hanya tempat sampah, dia juga mengaku kendaraan pengangkut sampah menjadi bumerang pihaknya. Sehingga, baru beberapa kecamatan yang bisa dilayani mobil pengangkut sampah.

“Baru ada tiga truk yang beroperasi dan itupun baru beroperasi dibeberapa kecamatan. Namun kami tetap berupaya agar anggaran berikut ada ketambahan mobil sampah,” sebutnya, sembari menambahkan pihaknya mengusul 5 mobil pengangkut sampah.(Alfian Jay)

Leave a Reply