Trophy Bupati-Wabup Diperebutkan Dalam Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso

Minahasa – Trophy Bupati Minahasa Ir Royke Oktavian Roring dan Wakil Bupati Robby Dondokambey SSi, diperebutkan dalam Kejuaraan Lomba Pacuan Kuda, Roda Sapi dan Bendi Kalaper, Jumat (22/02), di Gelanggang Pacuan Kuda Maesa Tompaso, Minahasa.

Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Sekretariat Daerah Kabupaten Minahasa DR Denny Mangala MSi, selaku Ketua Panitia Penyelenggara dalam laporannya menyampaikan bahwa, kejuaraan ini terselenggara atas kerja sama Pemerintah Provinsi Sulawesi Utara (Sulut) dengan Pordasi Sulut, dalam rangka memperingati Tiga Tahun Kepemimpinan Gunernur Sulut Olly Dindokambey SE dan Wakil Drs Steven Kandouw (OD-SK).

“Kegiatan ini juga merupakan pra seleksi Kejurnas yang akan berlangsung di Jawa Timur. Kegiatan ini kita awali dengan lomba Roda Sapi dan Bendi Kalaper, kemudian dilanjutkan dengan lomba berkuda sebanyak 12 race, dalam rangka memperebutkan trophy Bupati dan Wakil Bupati Minahasa serta Forkopimda Minahasa dengan total hadiah sebesar Rp 137.500.000,” terang Mangala.

Sementara, Bupati ROR dalam sambutannya yang disampaikam Wabup RD mengatakan, sejalan dengan Visi dan Misi Pemerintah Kabupaten Minahasa untuk mewujudkan “Minahasa maju dalam ekonomi dan budaya berdaulat adil dan sejahtera”, maka olahraga menjadi salah satu sarana pembinaan dan pembentukan karakter bangsa melalui penyelenggaraan berbagai kompetisi serta pembinaan dan pembudayaan olahraga.

“Disamping guna meningkatkan kebugaran dan kesehatan masyarakat, juga mendorong lahirnya bibit-bibit olahragawan yang kedepannya menjadi atlet berprestasi, mewujudkan ketahanan sosial melalui persaudaraan, sportivitas, disiplin dan karakter yang tangguh,” kata RD.

Selain itu, dikatalannya, kegiatan seperti ini dapat melestarikan warisan leluhur yang sarat dengan nilai budaya dan adat istiadat, selanjutnya mampu menarik perhatian para wisatawan baik internasional maupun domestik yang berdampak pada pengembangan sektor pariwisata melalui pembudayaan jenis-jenis olahraga rekreasi, olahraga ekstrim dan olahraga tradisional termasuk pacuan kuda, roda sapi dan bendi kalaper yang diselenggarakan saat ini.

“Penyelenggaraan kegiatan lomba saat ini kiranya akan menggelorakan kembali gerakan ‘ayo olahraga’ sebagai bentuk dukungan terhadap Gerakan Masyarakat Hidup Sehat, dalam menunjang kebijakan revolusi mental melalui olahraga, serta peningkatan pembangunan sumberdaya manusia yang berbudaya dan berdaya saing,” ujarnya.

“Melalui kegiatan ini juga, saya mengajak para peserta untuk terus menopang Pemkab Minahasa dalam penyelenggaraan tugas-tugas pemerintahan, pembangunan dan kemasyarakatan di Minahasa, melalui partisipasi aktif, dan keterlibatan dalam pengembangan olahraga di Minahasa,” pungkasnya.

Acara ini turut dihadiri Kapolres Minahasa AKBP Denny Irawan Situmorang SIK, Ketua Pengadilan Negeri Tondano ST Iko Sudjatmiko SH MH dan Dandim 1302 Minahasa Letkol Inf Slamet Raharjo SSos MSi, Kaban Kesbangpol Prov Sulut Drs Mecky Onibala MSi, Kepala Dispora Minahasa Selaku Sekretaris Panitia Siby Sengke SSos, Camat Tompaso Barat Stefri V Pandey ST MAP, Ketua Umum Pengprov Pordasi Sulut Ferry M K A Wowor, Ketua Pordasi Minahasa Selaku Wakil Ketua Panitia Hansje Poli SE, Plt Kadis Perhubungan Minahasa Hengky Kaunang dan Plt Kasat Pol PP Minahasa Meidy Rengkuan.(fernando lumanauw)

Leave a Reply