Ubah Formasi, MU Pesta Gol ke Gawang QPR

Para pemain Manchester United merayakan gol ke gawang Queens Park Rangers pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (14/9/2014).

Para pemain Manchester United merayakan gol ke gawang Queens Park Rangers pada laga Premier League di Stadion Old Trafford, Manchester, Minggu (14/9/2014).

Manchester – Manchester United (MU) berhasil menang 4-0 atas Queens Park Rangers (QPR) pada pertandingan lanjutan Premier League di Stadion Old Trafford, Minggu (14/9/2014).

Raihan tiga angka tersebut membuat skuad Setan Merah naik ke posisi kesembilan klasemen sementara dengan poin lima dari empat laga. Sementara itu, QPR turun ke peringkat 16 dengan perolehan poin tiga.

Pada laga ini, manajer MU Louis van Gaal, membangku cadangkan striker anyarnya, Radamel Falcao. Manajer asal Belanda tersebut lebih memilih memainkan Robin van Persie di posisi lini depan.

Sementara itu, rekrutan baru lainnya, Daley Blind, langsung dimainkan sejak menit pertama sebagai gelandang bertahan. Pun halnya dengan Marcos Rojo yang ditempatkan di posisi bek kiri.

MU juga untuk kali pertama bermain dengan empat pemain belakang karena dalam tiga laga awal Premier League Van Gaal kerap memainkan tiga bek. Formasi baru ini membuat permainan MU cukup efektif sejak menit-menit awal.

Tim tuan rumah pun akhirnya mampu membuka keunggulan melalui torehan Angel Di Maria pada menit ke-24. Gol itu diciptakan gelandang asal Argentina tersebut melalui eksekusi tendangan bebas.

MU kembali menambah gol setelah Ander Herrera mencatatkan namanya di papan skor pada menit ke-36. Menerima umpan Rooney, Herrera melepaskan tendangan akurat dari luar kotak penalti yang bolanya masuk ke pojok bawah kanan gawang QPR.

Satu menit sebelum turun minum, giliran Rooney yang menambah pundi-pundi gol MU setelah memaksimalkan umpan Herrera. Skor 3-0 untuk skuad Setan Merah pun bertahan hingga akhir babak pertama.

Pada paruh kedua, MU kembali memperbesar keunggulan melalui gol Juan Mata. Menerimpa umpan Di Maria, Mata melepaskan tendangan keras dari dalam kotak penalti tanpa mampu dihalau kiper Green.

Falcao pun akhirnya dimasukkan oleh Van Gaal pada menit ke-67, menggantikan Mata. Namun, striker asal Kolombia itu masih terlihat perlu beradaptasi karena beberapa kali tampak kesulitan mencari celah di lini depan.

Kesempatan terbaik yang diperoleh Falcao ketika ia mencoba mengambil bola rebound hasil tepisan Green seusai menggagalkan tendangan Daley Blind. Sayang, bola tendangan Falcao masih dapat kembali ditahan oleh Green.

MU terus mencoba menambah gol hingga menit-menit akhir. Akan tetapi, sejumlah peluang yang diperoleh mereka gagal dikonversikan menjadi gol sehingga skor 4-0 pun akhirnya tetap bertahan hingga laga usai.

Menurut catatan Soccernet, sepanjang laga, MU menguasai bola sebanyak 69 persen dan menciptakan sembilan peluang emas dari 18 usaha. Adapun tim tamu melepaskan dua tembakan dari total sembilan percobaan.

Susunan pemain:
MU: 1-David De Gea; 5-Marcos Rojo, 6-Jonathan Evans, 42-Tyler Blackett, 2-Rafael (2-Antonio Valencia 67); 7-Angel Di Maria (11-Adnan Januzaj 82), 8-Juan Mata (9-Radamel Falcao 67), 17-Daley Blind, 21-Ander Herrera; 10-Wayne Rooney, 20-Robin van Persie
Manajer: Louis van Gaal

QPR: 1-Robert Green; 14-Mauricio Isla, 5-Rio Ferdinand, 4-Steven Caulker, 6-Clint Hill (3-Armand Traore 45); 19-Niko Kranjcar, 30-Sandro (20-Karl Henry 74), 10-Leroy Fer; 7-Matt Phillips, 9-Charlie Austin (24-Eduardo Vargas 59), 23-Junior Hoilett
Manajer: Harry Redknapp

Wasit: Phil Dowd (kcm)

Leave a Reply