Upus Ni Mama Tondano Tamatkan KB dan TK, Ini Kata Bunda PAUD Minahasa

Minahasa – Upus Ni Mama Tondano menamatkan puluhan anak dalam Kelompok Bermain (KB) dan Taman Kanak-kanak (TK) Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD), yang juga dirangkaikan dengan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-18 KB dan HUT ke-4 TK Upus Ni Mama, di BPU Tondano, Selasa (18/06) pagi.

Acara diawali dengan Ibadah Syukur dipimpin Pdt Vecky Lantang STh, yang mengambil pembacaan Alkitab dalam Kitab Amsal 23:17, dimana dalam ringkasan khotbahnya mengangkat bahwa pendidikan harus di landasi dengan sifat takut akan Tuhan, dan harus berakar pada Tuhan, untuk menghasilkan generasi penerus yang berguna bagi bangsa dan negara.

Kemudian, Kepala Upus Ni Mama Tondano Rilly Rumope dalam laporannya menyampaikan bahwa, untuk tahun ini anak-anak yang tercatat di PAUD Upus Ni Mama adalah KB 15 anak, TK A 22 Anak dan TK B 24 anak, yang kesemuanya secara berjenjang melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

“Secara khusus mewakili Orang Tua dan anak-anak, saya berterima Kasih kepada Pemerintah Kabupaten Minahasa yang boleh merenovasi PAUD Upus Ni Mama ini, terlebih khusus pada Bunda PAUD Minahasa yang selalu membantu dan memberikan pelayanan bagi kemajuan Pendidikan Anak-anak di Upus Ni Mama ini,” tukasnya.

Sementara, Bunda PAUD Kabupaten Minahasa Dra Fenny Ch M Roring-Lumanauw SIP dalam sambutannya mengatakan, masa usia dini merupakan periode emas atau Golden Age bagi perkembangan anak untuk memperoleh proses pendidikan. Periode ini menurutnya adalah tahun-tahun berharga bagi seoarang anak.

“PAUD merupakan pendidikan yang sangat mendasar dan strategis dalam pembangunan Sumber Daya Manusia. Jadi, tidak mengherankan apabila banyak negara menaruh perhatian yang sangat besar terhadap penyelenggaraan PAUD, termasuk di dalamnya Indonesia, yang telah mengeluarkan Undang-undang nomor 20 tahun 2003, tentang sistem pendidikan nasional, di mana PAUD telah ditempatkan sejajar dengan pendidikan lainnya, termasuk di dalamnya Pemkab Minahasa,” kata Ketua TP-PKK Minahasa ini.

Seiring dengan upaya Pemkab Minahasa dalam meningkatkan mutu pendidikan di Minahasa, dirinya menjelaskan bahwa, melalui TP-PKK mendorong agar TP-PKK yang ada di Kelurahan/Desa dan Kecamatan, khususnya Pokja 4, untuk terus memantau dan memberikan pelayanan ke PAUD, serta pertumbuhan dan perkembangan Balita.

Dia menambahkan, untuk meningkatkan mutu pendidikan di Upus Ni Mama, pemerintah telah berusaha merenovasi gedung TK dan KB Upus Ni Mama, agar supaya anak-anak merasa lebih nyaman dalam menjalani pendidikan.

“Saya berpesan kepada orang tua untuk anak-anak yang nantinya akan melanjutkan pendidikan di SD, agar tidak lagi bingung karena Pemerintah melalui Bupati dan Wakil Bupati Minahasa telah menyiapkan anggaran untuk kebutuhan sekolah seperti tas, sepatu dan seragam sekolah. Semuanya di gratiskan untuk anak-anak yang baru masuk SD dan SMP,” ujar Lumanauw.

Lebih lanjut, isteri Bupati Minahasa Ir Royke Octavian Roring MSi, didaulat untuk memakaikan salempang sebagai tanda telah berakhirnya pendidikan kepada anak-anak PAUD Upus Ni Mama secara satu persatu dan dilanjutkan dengan foto bersama anak-anak serta peniupan lilin Ulang Tahun.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Wakil Ketua TP PKK Minahasa Martina Dondokambey-Lengkong, Camat Tondano Timur Ivonne Wilar, Sekertaris Dinas Pendidikan Tommy Wuwung, Kepala UPTD Tondano Timur Seska Giroth dan Ketua Komite Upus Ni Mama Asril Kalo.(fernando lumanauw)

Leave a Reply